Share

Korlantas Luncurkan Aplikasi K3I, Warga Bisa Pantau Macet dan Laporkan Peristiwa di Jalan

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 20 Desember 2021 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 337 2520013 korlantas-luncurkan-aplikasi-k3i-warga-bisa-pantau-macet-dan-laporkan-peristiwa-di-jalan-KJISEhKWdF.jpg Korlantas luncurkan aplikasi K3I (Foto : Korlantas)

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meluncurkan aplikasi digital Kendali, Koordinasi, Komunikasi dan Informasi (K3I). Dengan aplikasi tersebut, warga bisa memantau secara digital terkait dengan kemacetan ataupun peristiwa yang terjadi di jalan.

"Masalah penanganan lalu lintas tidak bisa ditangani oleh kita sendiri. Ini menjawab bagaimana kecepatan pelayanan kita bisa kita terapkan langsung kepada masyarakat," kata Kakorlantas Irjen Firman Shantyabudi di Gedung National Traffic Management Center (NTMC) Jakarta, Senin (20/12/2021).

Masyarakat, kata Firman, akan mendapatkan informasi dan data yang paling terbarukan. Sesuai dengan apa yang dibutuhkan terkait perjalanannya.

"K3I ini sebagai nyawa dari pusat kendali dan operasional kita. Di dalamnya, didukung data-data yang selalu terbarukan. Nanti masyarakat bisa melihat apa yang menjadi kebutuhan informasinya," ujar Firman.

Baca Juga : Timbangan Portabel, Cara Korlantas Cegah Pelanggaran Kelebihan Muatan Kendaraan

Firman menegaskan, di dalam aplikasi K3I terdapat menu dan fitur yang dapat memberikan banyak manfaat. Tidak hanya terkait informasi dan data fasilitas umum, tetapi juga terkait traffic lalu lintas.

"Didukung data-data yang ada, ini akan menjadi perangkat yang mendukung pengambilan keputusan. Kalau ada peristiwa di jalan, terpantau dari CCTV Jasa Marga," ucap Firman.

Kemudian untuk pelayanan langsung, K3I menyediakan call center dan chatbot yang akan selalu siaga menjawab pertanyaan masyarakat. Lalu ada Samsat Digital (SIGNAL) dan SIM Nasional Presisi yang siap memudahkan masyarakat dalam pembuatan dokumen berkendara.

"Kita bisa tahu persis secara aktual secara real time, bisa mengikuti informasi-informasi ini. Termasuk masyarakat. Siapa saja bisa manfaatkan langsung dengan operator yang ada di NTMC ini," tutur Firman.

Ia berharap, dengan diluncurkannya aplikasi ini, masyarakat dapat memanfaatkan semaksimal mungkin pelayanan-pelayanan yang disediakan oleh polisi. Termasuk aplikasi K3I, dalam waktu dekat diharapkan membantu masyarakat yang melakukan perjalanan saat Nataru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini