Share

4 Keris Pusaka Ini Mempunyai Kekuatan Magis, Nomor 1 Ada Kutukan di Dalamnya

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Senin 20 Desember 2021 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 337 2519972 4-keris-pusaka-ini-mempunyai-kekuatan-magis-nomor-1-ada-kutukan-di-dalamnya-VbySyJM1xn.jpg Foto:Ist

JAKARTA - Keris sebagai senjata tikam yang paling terkenal di Jawa disebut-sebut banyak mempunyai kekuatan magis.

(Baca juga: 5 Keris Sakti Mandraguna di Indonesia, Nomor 4 Minta Korban Tujuh Turunan)

Mempunyai kesaktian turun- termurun dari kerajaan Jawa pada masanya. Sebagian masyarakat banyak percaya di balik keberadaan keris itu sendiri terdapat peristiwa-peristiwa unik hingga menjadikannya salah satu bentuk sejarah dari Bangsa Jawa.

Penasaran apa saja keris tersebut? Berikut adalah 4 keris yang punya kekuatan magis di tanah Jawa dilansir beragam sumber, Senin (20/12/2021).

 

1. Keris Mpu Gandring

 

Keris Mpu Gandring merupakan keris legendaris yang terkenal memiliki kutukan di dalamnya. Keris yang dibuat Mpu Gandring atas pesanan Ken Arok ini dikenal sebagai keris yang sangat sakti pada masa itu.

Diketahui keris tersebut merupakan pesanan Ken Arok kepada Mpu Gandring. Mpu hanya diberikan waktu agar menyelesaikannya dalam waktu semalam saja.

Permintaan Ken Arok itu pun disanggupi oleh Mpu Gandring. Namun sayangnya keris tersebut dianggap belum selesai oleh Ken Arok dari waktu yang telah diberikan. Padahal Mpu sudah menyelesaikannya dengan cepat dan benar.

Karena dianggap melanggar perjanjian, Mpu Gandring yang saat itu telah menyelesaikan akhirnya ditikam hingga tewas oleh Ken Arok menggunakan Keris Mpu Gandring ciptaannya.

Tetapi, sebelum kematiannya, Mpu Gandring yang merasa dihianati menjatuhkan kutukan kepada keris yang dibuatnya itu. Bahwasanya keris itu akan membunuh 7 turunan Ken Arok.

Sehingga keris tersebut sangat terkenal mempunyai kutukan yang telah diberikan Mpu Gandring.

2. Keris Pusaka Setan Kober

Selanjutnya ada keris Pusaka Setan Kober yang merupakan keris pusaka buatan Mpu Supa Mandagri, salah satu putra Mpu yang terkenal dari Tuban.

Keris satu ini juga mempunyai magis yang sangat luar biasa. Kekuatan energi spiritualnya dapat dirasakan apabila bilah keris tersebut dicabut dari warangkanya maka akan menimbulkan efek getaran energi yang begitu hebat bagi orang-orang di sekitarnya.

Namun, semenjak kematian Adipati Jipang keberadaan keris ini tidak diketahui sampai saat ini, seperti halnya keris Mpu Gandring yang misterius.

3. Keris Kyai Sangkelat

Keris Kyai Sangkelat merupakan salah satu piandel buatan Mpu Supa Mandagri pada masa pemerintahan Prabu Kertabumi atau Brawijaya V.

Keris tersebut kemudian sangat menarik perhatian Adipati Blambangan untuk mencurinya.

Rencana itupun berhasil hingga keris itu akhirnya berada di bangsawan Blambangan tersebut.

Hebatnya, diketahui pusaka legendaris ini memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dan bahkan mampu membendung segala macam penyakit yang dulu menyerang Kerajaan Majapahit.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

 

4. Keris Nogososro

Terakhir, ada pula Keris Nogososro yang merupakan salah satu keris legendaris peninggalan Majapahit yang dibuat oleh seorang mpu sakti mandraguna bernama Mpu Kinom.

Kekuatan yang dimiliki keris Nogososro disebut-sebut mampu menaklukan jagat kayangan apabila mengamuk.

Ada pula yang meyakini bahwa keris Nogososro merupakan keris tersakti yang bisa membantu melanggengkan kekuasaan seseorang.

Namun, keberadaan keris Nogososro sampai sekarang juga masih misterius dan tidak diketahui keberadaannya.

Selain itu, diketahui pula keris ini pernah dimiliki oleh Presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno, akan tetapi benar tidaknya hanya Tuhan yang tahu dan belum ada bukti yang benar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini