Share

Hoegeng Pernah Jadi Mentri dan Kapolri, tapi Masih Ngontrak Rumah

Fay Cilla, Okezone · Selasa 21 Desember 2021 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 337 2519962 hoegeng-pernah-jadi-mentri-dan-kapolri-tapi-masih-ngontrak-rumah-0ICuYz2yp3.jpg Hoegeng. (Ist)

SIAPA tak kenal Hoegeng? Salah satu tokoh teladan Polri yang terkenal dengan kesederhanaannya, disiplin dan jujur. Selama hidupnya ia sempat menjabat sebagai Mentri Iuran Negara dua kali dan Kapolri. Ciri khasnya yang sederhana memang sudah terkenal karena ia selalu menolak pemberian apapun selama ia menjabat.

Pada saat menjabat sebagai Mentri Iuran Negara, ia juga tak pernah memanfaatkan situasi. Padahal saat itu Indonesia dalam masa yang morat-marit. Hoegeng juga tak pernah mengumpulkan harta kekayaan bagi keluarganya, karena sifatnya keluarga Hoegeng selalu bersahaja.

Saat menjadi Kapolri ia juga tak pernah memiliki kekayaan apapun kecuali uang yang berada di buku tabungannya. Ia semasa hidupnya selalu mempertahankan integritasnya sebagai polisi yang jujur dan disiplin.

Didit, anak Hoegeng sempat bercerita, kehidupan keluarga Hoegeng ditopang dari gaji ayahnya sebagai mentri ataupun kapolri. Didit juga bercerita bahwa keluarganya hidup dalam keadaan pas-pasan, serta rumah yang Hoegeng sewa per bulannya. Dikutip dalam buku Hoegeng Polisi dan Mentri Teladan karya Suhartono.

Baca Juga : Kelakar Hoegeng: Bukan Menteri Iuran Negara tapi Menteri Sayuran Negara

“Papi pernah menjadi mentri dan Kapolri. Kamu hidup dalam ekonomi yang pas-pasan. Bahkan, ada kalanya kekurangan. Kami hanya punya rumah, itu pun masih disewa dengan membayar uang bulanan,” Ucap Didit.

Sumber: Buku Hoegeng Polisi dan Mentri Teladan karya Suhartono

(erh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini