Share

Wapres Minta Pemberantasan Korupsi Jangan Hanya Jadi Seremoni, Ini Respons KPK

Arie Dwi Satrio, Okezone · Senin 20 Desember 2021 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 337 2519797 wapres-minta-pemberantasan-korupsi-jangan-hanya-jadi-seremoni-ini-respons-kpk-C4l9H5npkZ.jpg Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (Ist)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta pemberantasan korupsi tidak hanya seremonial ataupun bersifat administratif. Ia meminta pemberantasan korupsi diwujudkan dalam kerja nyata. Demikian diungkapkan Ma'ruf Amin dalam acara penganugerahan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dukungan penuh dari pemerintah melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta Wapres Ma'ruf Amin dalam memberantas korupsi di Indonesia. Menurut Ali, pernyataan Ma'ruf Amin sudah sejalan dengan program pemberantasan korupsi di KPK.

"Harapan Wakil Presiden agar pemberantasan korupsi tidak hanya bersifat seremonial dan administratif, juga selaras dengan program-program KPK yang terus mendorong komitmen dan langkah nyata perbaikan sistem dan tata kelola kementerian lembaga, pemerintah daerah, serta para pelaku usaha," kata Ali melalui pesan singkatnya, Senin (20/12/2021).

Ali menjelaskan, KPK telah melakukan berbagai upaya pencegahan korupsi dengan memperbaiki sistem dan tata kelola. Perbaikan sistem dan tata kelola, diterapkan di berbagai instansi, lembaga, kantor pemerintahan hingga sektor usaha swasta.

Baca Juga : Wapres: Pemberantasan Korupsi Tak Boleh Berhenti di Hal Seremonial dan Administratif

"Melalui perbaikan sistem dan tata kelola, kita dapat mencegah terjadinya pemborosan dan kebocoran penggunaan anggaran. Sehingga pelaksanaan pembangunan dilakukan secara lebih efektif, efisien, dan berdaya guna," tuturnya.

KPK berharap, harapan presiden dan wakil presiden juga menjadi atensi dan komitmen nyata seluruh pemangku kepentingan dalam upaya pemberantasan korupsi. Sebab, kata Ali, pemberantasan korupsi adalah tanggung jawab kita bersama.

"KPK juga sepakat bahwa upaya pemberantasan korupsi harus terus ditingkatkan, baik melalui cara-cara penindakan, pencegahan, maupun pendidikan. Karena modus dan kompleksitas kejahatan ini juga terus mengalami perkembangan," ujar Ali.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini