Share

Erupsi Semeru, Tukang Cukur Ikut Galang Dana untuk Para Korban

Avirista Midaada, Okezone · Minggu 19 Desember 2021 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 19 337 2519363 erupsi-semeru-tukang-cukur-ikut-galang-dala-untuk-para-korban-uZS9yyGCpJ.jpg Tukang cukur ikut menggalang dana untuk korban erupsi Gunung Semeru (Foto : MPI/Avirista)

MALANG - Cukur rambut sambil beramal, adalah tagline yang diusung para tukang cukur dalam menggalang dana bagi para korban erupsi Gunung Semeru. Para tukang cukur tersebut tergabung dalam Komunitas Konco Dulur Dolor Barbershop (KORDOBA) Malang Raya.

Mereka menggalang dana untuk korban erupsi dengan meminta pelanggan membayar seikhlasnya, untuk kebutuhan amal yang akan diserahkan ke korban erupsi Gunung Semeru.

Aksi unik mencukur rambut sambil beramal ini dilakukan para tukang cukur di Pasar Bunulrejo, pada Minggu pagi (19/12/2021). Terlihat ide unik ini menarik puluhan orang yang melintas. Tak cuma sekedar merapikan rambut, masyarakat juga bisa beramal untuk mendonasikan uangnya kepada korban erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga : Awas! Gunung Semeru Kembali Muntahkan Awan Panas Pagi Ini

Ketua KORDOBA Malang Raya Iwan Prayitno mengungkapkan, pertama kali diadakan oleh komunitas tukang cukur di Malang lantaran tergugah empatinya kepada korban erupsi gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

"Kegiatan ini murni sebagai wujud kepedulian kami yang bergerak sebagai barber terhadap korban bencana erupsi Gunung Semeru. Kegiatan pertama kami laksanakan di sekitar Pasar Madyopuro pada hadi Minggu lalu 12 Desember,” ungkap Iwan Prayitno ditemui pagi tadi, Minggu (19/12/2021).

Iwan menambahkan, hingga pukul 12.00 WIB hari ini telah terkumpul dana sebanyak Rp1 juta, dari sekitar 85 orang yang telah ikut kegiatan pangkas rambut.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Ditargetkan mencukur sambil beramal ini juga bakal digalakkan di lokasi lainnya demi membantu korban erupsi Gunung Semeru, tak hanya di Pasar Bunulrejo saja.

"Selain itu, penggalangan dana juga dilakukan anggota KORDOBA Malang Raya yang menyiapkan kotak untuk pelanggan barbershop memasukkan dana sumbangan bagi masyarakat yang menjadi korban bencana erupsi Gunung Semeru ini," ungkap Iwan.

Komunitas KORDOBA tersebut menurut Iwan baru beranggotakan sekitar sepuluh orang praktisi barbershop di wilayah Malang Raya namun sudah beberapakali melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan.

"Sebelum ini kami telah melaksanakan pangkas rambut gratis bagi para anak yatim piatu di panti asuhan kota Malang sebagai wujud bhakti sosial dari kami anggota KORDOBA," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini