Share

Peristiwa 19 Desember: Jatuhnya Pesawat Silk Air di Sungai Musi Palembang

Tim Okezone, Okezone · Minggu 19 Desember 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 19 337 2519219 peristiwa-19-desember-jatuhnya-pesawat-silk-air-di-sungai-musi-palembang-whcNoPbDat.jpg Ilustrasi (Foto: istimewa)

JAKARTA - Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada tanggal 19 Desember. Salah satunya seperti operasi militer Trikora di Papua hingga kecelakaan pesawat Silk Air di Palembang.

Untuk mengingat serta menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa penting dan bersejarah yang berlangsung, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org:

1948 - Pemerintahan Darurat Republik

Indonesia setelah Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda saat terjadi Agresi Militer II; Soekarno dan Hatta ditangkap. Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) adalah penyelenggara pemerintahan Republik Indonesia periode 22 Desember 1948-13 Juli 1949, dipimpin oleh Syafruddin Prawiranegara yang disebut juga dengan Kabinet Darurat.

Sesaat sebelum pemimpin Indonesia saat itu, Soekarno dan Hatta ditangkap Belanda pada tanggal 19 Desember 1948, mereka sempat mengadakan rapat dan memberikan mandat kepada Syafruddin Prawiranegara untuk membentuk pemerintahan sementara.

Baca juga: Peristiwa 19 Desember: Operasi Trikora hingga Pesawat Silk Air Jatuh di Sungai Musi

1949 - Universitas Gadjah Mada (UGM) Didirikan di Bulaksumur, Yogyakarta

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan universitas negeri di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universiteit tanggal 16 Desember 1949.

Kampus UGM yang terletak di Yogyakarta merupakan universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka.

Baca juga: Catat! Ini 9 Maskapai Penerbangan Paling Berbahaya di Dunia

1961 - Presiden Soekarno Mencanangkan Tri Komando Rakyat (Trikora)

Operasi militer Trikora merupakan konflik dua tahun yang dilancarkan Indonesia untuk menggabungkan wilayah Papua bagian barat. Ketika Belanda masih mengklaim bahwa Irian Barat masih merupakan wilayah kekuasaannya, Indonesia segera mengerahkan operasi militer secara besar-besaran untuk mengusir Belanda dari wilayah NKRI.

Mempertahankan wilayah Papua bagian barat dari Belanda ini menyisakan sejarah penting di dunia militer Indonesia. Pasalnya, TRIKORA ini diperintah langsung dari Presiden Soekarno untuk membebaskan wilayah tersebut pada 19 Desember 1961. Konflik ini berakhir pada 15 Agustus 1962.

Baca juga: Jet Tempur F-35B Inggris Jatuh di Laut Mediterania, Pilot Selamat

1997 - Jatuhnya Pesawat Silk Air

Sebuah pesawat milik Silk Air dengan nomor penerbangan MI 185, dari Jakarta menuju Singapura, jatuh di sekitar Palembang. Layanan penerbangan komersial rutin maskapai penerbangan Silk Air 185 dari Bandara Internasional Soekarna-Hatta, Jakarta, Indonesia ke Bandara Changi, Singapura mengalami kecelakaan pada 19 Desember 1997 sekira pukul 16.13 WIB.

Pesawat Boeing 737-300 yang melayani rute ini jatuh di atas Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Kecelakaan ini menewaskan seluruh orang yang ada di dalamnya yakni 104 orang yang terdiri dari 97 penumpang dan 7 awak kabin, termasuk pilot Tsu Way Ming dari Singapura dan Kopilot Duncan Ward asal Selandia Baru.

Baca juga: Jet Tempur Malaysia Jatuh saat Terbang Malam, Tewaskan Pilot

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini