Share

3 Tokoh Wacanakan Pendekatan Humanis Atasi Masalah di Papua

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 19 Desember 2021 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 18 337 2519178 3-tokoh-wacanakan-pendekatan-humanis-atasi-masalah-di-papua-P2Gz7M1oO4.jpg Wapres KH Maruf Amin. (MNC Portal)

KONFLIK di Papua yang belum mereda merupakan persoalan yang terus menjadi perhatian. Pemerintah harus menjadikannya prioritas lantaran konflik tersebut terkait permasalahan kemanusiaan. Salah satu upaya yang ditawarkan oleh pemerintah adalah dengan melakukan pendekatan secara humanis di Papua. Berikut tokoh yang mewacanakan pendekatan humanis untuk menyelesaikan masalah di Papua. 

Wakil Presiden Ma’ruf Amin

Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin menjelaskan bahwa pemerintah akan mencoba melakukan pendekatan keamanan secara dialogis serta humanis di Papua. Pernyataan tersebut disampaikan Ma’ruf Amin setelah memimpin rapat koordinasi terbatas terkait percepatan pembangunan Papua di Sekretariat Wakil Presiden, Rabu (15/12/2021).

Dia juga ingin mengoordinasikan semua kegiatan, baik yang menyangkut soal percepatan pembangunan kesejahteraan maupun pendekatan pengamanan di semua sektor. Langkah tersebut termasuk penanganan isu-isu yang menyebut bahwa Indonesia melakukan pelanggaran HAM. Upaya dengan dialog ini diharapkan sebagai cara diplomasi.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Sejak dicalonkan menjadi Panglima TNI, Andika Perkasa sudah menyatakan akan menggunakan pendekatan humanis serta tidak menggunakan pendekatan militer untuk menyelesaikan persoalan konflik di Papua. Hal tersebut disampaikannya kepada anggota komisi I DPR RI setelah menggelar fit and proper test pada Sabtu (06/11/2021). Andika juga berencana menggunakan heart and mind dalam penanganan Papua.

Baca Juga : Wapres Yakin Jenderal Andika Gunakan Pendekatan Humanis Tangani Persoalan Papua

Setelah pelantikannya pada pada Rabu (17/11/2021), Panglima TNI Andika Perkasa juga menyampaikan hal yang sama kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri. Andika mengatakan bahwa upaya penumpasan kelompok bersenjata di Papua tanpa menggunakan pendekatan perang. Dia lebih memilih cara diplomasi militer dan pendekatan humanis.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman melakukan kunjungan kepada Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin di Istana Wapres pada Rabu (01/12/2021). Pada kesempatan tersebut, Dudung menyampaikan akan melakukan pendekatan keamanan di Papua melalui pendekatan humanis terkait program penanganan kesejahteraan Papua.

Ma’ruf Amin pun mengapresiasi gagsan yang dikemukan oleh KSAD yang akan melakukan pendekatan secara humanis. Pemikiran Ma’ruf Amin sejalan dengan gagasan yang dikemukakan oleh Jenderal Dudung. Jadi, gagasan Wapres, Panglima TNI, hingga KSAD sejalan untuk penanganan Papua dilakukan secara humanis. (Berbagai sumber/Tika Vidya Utami/Litbang MPI)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini