Share

Tanggap Darurat Bencana Gunung Semeru Diperpanjang, Ini Fokus Petugas

Inin Nastain, Koran SI · Jum'at 17 Desember 2021 18:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 337 2518773 tanggap-darurat-bencana-gunung-semeru-diperpanjang-ini-fokus-petugas-OzLQfYnEN7.jpg Dampak erupsi Gunung Semeru (Foto : MPI)

LUMAJANG - Dengan diperpanjangnya masa tanggap darurat Paska Erupsi Gunung Semeru hingga 23 Desember 2021, ada tiga hal yang menjadi fokus penanganan petugas.

Komandan Posko Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru/Danrem 083/Baladhika Jaya Kol inf Irwan Subekti mengatakan, selama masa perpanjangan masa tanggap darurat itu, pihaknya akan mulai fokus dalam hal penanganan infrastruktur.

β€œAda tiga fokus. Pertama peningkatan pelayanan bagi pengungsi. Lalu perbaikan aliran sungai, khususnya untuk aliran lahar panas. Perbaikan tersebut diantaranya tanggul, dan sodetan,” kata dia dalam Konferensi Pers Update Situasi Penanganan Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru, Gempa Bumi Flores Timur dan Jember daring, Jumat (17/12/2021).

Selain itu, jelas dia, pihaknya juga saat ini sudah menyiapkan infrastruktur untuk relokasi warga. Saat ini, pihaknya sudah mulai melakukan pembersihan lahan yang akan digunakan untuk relokasi warga terdampak itu.

β€œKita persiapkan infrastruktur. Sekarang sudah disiapkan lahan. dilakukan pendekatan-pendekatan kepada masyarakat,” kata dia.

Baca Juga : Erupsi Gunung Semeru, 28 Jenazah Korban Telah Diambil Keluarganya

Di luar itu, dia juga memastikan proses pencarian warga yang hilang masih akan terus dilakukan. β€œ9 orang yang belum ditemukan. Tetap melaksanakan pencarian,” jelas dia.

Sementara, sampai saat ada beberapa bantuan yang diterima dari pihak swasta. Donasi itu, jelas dia, akan digunakan untuk kebutuhan hunian sementara warga terdampak.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini