Share

Pengamat Nilai Konvensi Rakyat Partai Perindo Mampu Kembalikan Kedaulatan Rakyat dalam Berpolitik

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 17 Desember 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 337 2518750 pengamat-nilai-konvensi-rakyat-partai-perindo-mampu-kembalikan-kedaulatan-rakyat-dalam-berpolitik-om5muPDdOD.jpg Direktur Indo Strategi Research and Consulting Arif Nurul Iman. (MPI)

JAKARTA - Partai Perindo resmi membuka Konvensi Rakyat berbasis digital pada Rabu (25/11/2021) kemarin. Konvensi Rakyat tersebut terbuka bagi siapa pun yang hendak menjadi bakal calon anggota legislatif (Bacaleg).

Menanggapi hal itu, Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam mengatakan, Konvensi Rakyat Partai Perindo akan mengembalikan kedaulatan rakyat. Menurutnya, selama ini yang menyetujui seseorang melanggeng ke pesta demokrasi adalah para elite partai politik (parpol).

"Konvensi rakyat itu akan mengembalikan kedaulatan rakyat dari kedaulatan partai politik. Partai politik selama ini yang menentukan pencalegan sepenuhnya, siapa di dapil apa, siapa di tingkat DPR RI, DPRD provinsi atau daerah itu sepenuhnya elite parpol," ujar Arif dalam Webinar Partai Perindo, Jumat (17/12/2021).

Dia menerangkan, dengan adanya Konvensi Rakyat ini maka seluruh lapisan elemen masyarakat dapat mendaftarkan dirinya. Dengan demikian, batasan yang ada di tatanan internal partai dalam menentukan bacaleg bakal sedikit demi sedikit terkikis melalui digitalisasi.

"Dengan konvensi ini masyarakat bisa mendaftar dan jika memenuhi syarat tentu saja layak untuk menjadi calon legislatif. Artinya hegemoni dan kooptasi parpol dalam pencalegan akan sedikit dihilangkan dengan model pencalegan versi digital ini," katanya.

Arif menjelaskan, Konvensi Rakyat juga bisa menciptakan iklim demokratisasi di internal partai. Hal itu dikarenakan, tak ada batasan antara elite partai maupun masyarakat untuk saling bersaing menjadi seorang wakil rakyat.

Baca Juga : Untuk informasi dan registrasi keanggotaan Partai Perindo, kunjungi bit.ly/MemberPartaiPerindo

"Terjadi persaingan setara antara elite parpol dengan rakyat biasa. Ini tentu saja menjadi roh baru ataupun ya semangat baru bagi demokratisasi di Indonesia," ujarnya.

Arif mengungkapkan, langkah Partai Perindo meluncurkan Konvensi Rakyat berbasis digital amat relevan dengan tantangan zaman. Menurut dia, berdasar data dari Asosiasi Pengguna Internet di Tahun 2020 jumlah masyarakat yang mengakses dunia maya mencapai 73 persen.

Baca Juga : Untuk informasi tahapan dan mekanisme Konvensi Rakyat, kunjungi konvensirakyat.com atau hubungi (021) 5068200 dan (WA) 081901002376

"Tentu saja akan relevan dengan makin marak dan membudayanya internet. Ini menjadi menarik, sehingga kemajuan teknologi dan informasi bisa digunakan untuk membangun dan meningkatkan kualitas demokrasi," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini