Share

Konvensi Rakyat Partai Perindo Digelar Terbuka Agar Perilaku Koruptif Bisa Dicegah Sejak Dini

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 17 Desember 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 337 2518675 konvensi-rakyat-partai-perindo-digelar-terbuka-agar-perilaku-koruptif-bisa-dicegah-sejak-dini-VxVDbQWqJu.jpg Sekretaris Komisi Eksekutif Konvensi Rakyat Partai Perindo, Arief Budiman (Foto: MPI/Riezky)

JAKARTA - Partai Perindo meluncurkan Konvensi Rakyat berbasis digital pada Rabu 25 November 2021. Konvensi Rakyat terbuka untuk siapa pun yang ingin menjadi bakal calon anggota legislatif.

Sekretaris Komite Eksekutif Konvensi Rakyat Partai Perindo Arief Budiman menuturkan, keterbukaan yang diterapkan pada nantinya perilaku koruptif yang ada di proses elektoral dan lembaga legislatif dapat ditangkal sedini mungkin.

"Apabila calon itu datang dari masyarakat secara terbuka dalam partisipasi yang sangat luas tentu harapannya adalah integritas para kandidat dan calon ke depannya bisa menjadi kokoh. Sehingga perilaku koruptif dalam proses elektoral dan perilaku koruptif di lembaga legislatif bisa dicoba untuk diatasi sejak dini," ucap Arief dalam Webinar Partai Perindo, Jumat (17/12/2021).

Baca Juga: Untuk informasi dan registrasi keanggotaan Partai Perindo, kunjungi bit.ly/MemberPartaiPerindo

Arief menjelaskan, pada dasarnya proses demokrasi digital sudah mulai dirasakan oleh masyarakat, salah satu contohnya yakni pembicaraan politik yang ada di aplikasi pesan singkat. Kendati demikian, proses itu tak menyentuh pada aspek institusional atau kelembagaan yang bersifat formal.

Baca Juga: Untuk informasi tahapan dan mekanisme Konvensi Rakyat, kunjungi konvensirakyat.com atau hubungi (021) 5068200 dan (WA) 081901002376

"Nah inilah yang dicoba oleh Partai Perindo untuk membangun proses pencalonan ini secara konsisten. Ini salah satu upaya untuk menata dan membangun ekosistem demokrasi digital," katanya.

Dia mengatakan, dalam Konvensi Rakyat Partai Perindo, selain keterbukaan, ada pula inklusivitas dan partisipasi yang sangat luas. Menurut dia, instrumen tersebut sebagai cara untuk membangun integritas dari proses pencalonan legislatif.

"Ya karena proses rekrutmennya dimulai secara terbuka dan transparan, itu semua tentu dalam konteks. Partai Perindo berjalan sesuai nilai kejuangan partai, gagasan besar dan cita-cita luhur," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini