Share

Konvensi Rakyat Partai Perindo Jadi Kesempatan Emas Generasi Baru di Dunia Politik

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 17 Desember 2021 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 337 2518661 konvensi-rakyat-partai-perindo-jadi-kesempatan-emas-generasi-baru-di-dunia-politik-PD351eIwpd.jpg Sekretaris Komisi Eksekutif Konvensi Rakyat Partai Perindo, Arief Budiman (Foto: MPI/Riezky)

JAKARTA - Sekretaris Komite Eksekutif Konvensi Rakyat Partai Perindo Arief Budiman menuturkan bahwa ide yang digagas oleh partai berlambang buru garuda itu menjadi momentum penting bagi generasi baru Indonesia dalam berpolitik. Pasalnya, Konvensi Rakyat dirasa mampu menembus eksklusivitas dan keterbatasan.

"Bagi generasi baru yang hidup di era teknologi digital, ini adalah kesempatan emas. Karena apa? Pencalonan yang terbuka mampu menembus batas eksklusifitas dan keterbatasan," tutur Arief dalam Webinar Partai Perindo, Jumat (17/12/2021).

Baca Juga: Untuk informasi dan registrasi keanggotaan Partai Perindo, kunjungi bit.ly/MemberPartaiPerindo

Dia menerangkan, sudah menjadi rahasia umum bahwasanya proses pencalonan di beberapa partai politik Indonesia begitu padat dengan antrean. Tak hanya itu, mereka yang hendak bergabung ke dunia politik harus menembus 'orang dalam'.

Baca Juga: Untuk informasi tahapan dan mekanisme Konvensi Rakyat, kunjungi konvensirakyat.com atau hubungi (021) 5068200 dan (WA) 081901002376

"Banyak parpol di Indonesia dalam proses pencalonannya itu begitu padat begitu sesak, begitu ramai mengantre. Mereka yang punya kapasitas, dukungan luas masyarakat, apabila dia tidak menjadi bagian 'lingkaran orang dalam' dari parpol maka dia tidak dapat kesempatan," katanya.

Arief menuturkan, di Indonesia sendiri terdapat sekira 197 juta lebih pemilih, dan dari 250 juta penduduk. Menurut dia, dari jumlah tersebut banyak yang merasa terpanggil, namun kesempatan itu terbatas lantaran sedikitnya partai politik di Tanah Air.

"Selama kita percaya bahwa 4 pilar kebangsaan ini adalah sendi kehidupan berbangsa yang fundamental dan harus kita jaga dan tegakkan maka Partai Perindo terbuka untuk siapapun," jelasnya.

Sedikitnya terdapat dua tahapan pra konvensi. Tahap pertama dimulai pada 25 November hingga bulan Mei 2022 dan tahap kedua 1 Juni sampai dengan 16 Agustus 2022.

Ketua Komite Eksekutif Konvensi Rakyat Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah menjelaskan ketika kandidat bacaleg lolos pembobotan nilai oleh Dewan Panel, persetujuan DPP, DPW, DPD kemudian tahap E-Voting yang bersifat terbuka, bacaleg wajib mengumpulkan syarat minimal 2.500 bacaleg DPR RI, 1.500 bacaleg DPRD Provinsi, 500 bacaleg DPRD Kabupaten/Kota.

"Inilah menjadi poin yang sangat penting yang perlu diupayakan teknikalitasnya, dalam artian bagaimana mekanisme ini dijaring. Sehingga akan berimplikasi terhadap yang dilakukan parpol di 2024 mendatang," katanya belum lama ini.

Sebagaimana diketahui, Konvensi Rakyat ditutup Maret-April 2023. Selanjutnya, dapil dan proses Konvensi Rakyat akan mengikuti ketentuan dan jadwal Pemilu yang ditetapkan penyelenggara Pemilu (KPU dan KPUD).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini