Share

3 Tokoh Ini Mempengaruhi Pemikiran Soekarno, Nomor 1 Guru Politik Si Bung Besar

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 17 Desember 2021 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 337 2518299 3-tokoh-ini-mempengaruhi-pemikiran-soekarno-nomor-1-guru-politik-si-bung-besar-jt5oUurVLs.jpg Bung Karno/ ist

BUNG Karno dikenal sebagai bapak bangsa dengan pemikiran-pemikiran besarnya. Ia mewariskan pemikirannya yang cemerlang untuk membangun Indonesia, dengan perannya sebagai presiden dan proklamator.

Diketahui, Soekarno menyerap pemikiran-pemikiran tokoh yang dianggapnya relevan. Berikut tokoh yang mempengaruhi pemikiran Soekarno dikutip beragam sumber.

 (Baca juga: Heldy Djafar, Cinta Terakhir Bung Karno saat Senjakala Kekuasaan)

H.O.S. Cokroaminoto

Bung Karno bertemu dengan H.O.S Cokroaminoto ketika bersekolah di Surabaya. Saat itu Soekarno kost di rumah H.O.S Cokroaminoto. H.O.S Cokroaminoto disebut sebagai guru yang menggemblengnya. Di rumah Cokro, Soekarno mulai belajar politik. Dari Cokro pula, Bung Karno memperoleh banyak buku untuk dibaca. Cokro dikenal sebagai orang yang pandai berpidato.

Bung Karno sering diajak menemani Cokro untuk menghadiri pertemuan. Soekarno pun terpukau, hingga akhirnya ia belajar berpidato.

(Baca juga: Misteri Kematian Jenderal Marinir Loyalis Bung Karno, Tewas di Kamar dengan Kepala Tertembak)

Tan Malaka

Tan Malaka merupakan salah satu tokoh yang mempengaruhi pemikiran Soekarno. Buku karangan Tan Malaka “Aksi Massa” menjadi pelajaran yang diambil oleh bung Karno. Buku tersebut ditulis oleh Tan Malaka ketika di Singapura pada 1926.

Ketika Bung Karno dan Tan Malaka bertemu di rumah Dr. Soeharto pada 1945, mereka asyik membicarakan buku tersebut. Dari buku karangan Tan Malaka tersebut, Soekarno mulai menulis banyak kosa kata aksi massa.

Mahatma Gandhi

Mahatma Gandhi merupakan salah satu tokoh yang mempengaruhi pemikiran Bung Karno. Gandhi dikenal sebagai tokoh yang mengajarkan konsep ahimsa, hartal, swadesi, dan satyagraha. Konsep tersebut merupakan gerakan perlawanan yang dilakukan secara damai tanpa adanya perlawanan.

Gagasan nasionalisme Gandhi yang disebut sebagai nasionalisme-kemanusiaan turut menginspirasi Soekarno. Di beberapa tulisan Soekarno, dia sering menulis perjuangan yang dilakukan Gandhi. Bung Karno juga memuji strategi yang dilakukan Gandhi seperti pemboikotan produk-produk monopoli dagang Inggris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini