Share

Omicron Masuk Indonesia, Pemerintah Susun Strategi Pengendalian

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 16 Desember 2021 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 337 2518190 omicron-masuk-indonesia-pemerintah-susun-strategi-pengendalian-4gcZY8K7tZ.jpeg Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Dok BNPB)

JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, saat ini pemerintah tengah menyusun strategi dalam menghadapi kasus virus corona (Covid-19) Omicron di Indonesia. Dia memastikan, pemerintah akan menyampaikan kepada masyarakat segala kebijakan yang diambil.

“Dalam menghadapi update kondisi kasus saat ini maka pemerintah tengah menyusun strategi pengendalian. Pada prinsipnya, pemerintah akan menginformasikan perkembangan kasus dan kebijakan secara transparan dan aktual kepada masyarakat,” ujarnya dalam konferensi persnya, Kamis (16/12/2021).

Wiku mengatakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendeteksi satu kasus konformasi varian Omicron pada 15 Desember kemarin yang berasal dari salah satu petugas kebersihan di Wisma Atlet Kemayoran.

“Menindaklanjuti temuan ini, setelah hasil tes PCR keluar penelusuran riwayat kontak kasus ini tengah diinvestigasi lebih lanjut pada siapapun yang pernah berinteraksi erat dengan kasus positif,” ucapnya.

Selain itu saat ini terdapat lima kasus positif yang masih ditelaah kode genetiknya saat ini oleh Litbangkes Kementerian Kesehatan. Hal ini untuk memastikan apakah kasus tersebut benar-benar merupakan kasus dengan varian Omicron atau bukan.

Baca Juga : Omicron di Indonesia, Jokowi: Masyarakat dan Pejabat Jangan ke Luar Negeri!

“Diketahui kasus probable ini memiliki riwayat perjalanan. Di mana satu kasus dari Amerika Serikat dan Belanda. Satu kasus dari Inggris serta tiga kasus dari Tiongkok. Dan sedang menjalani isolasi di tempat khusus yaitu dua kasus di Tower Wisma Atlet Kemayoran dan tiga kasus di fasilitas karantina di Manado,” tuturnya.

(erh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini