Share

Wapres Perintahkan Pemprov Jatim-BNPB Siapkan Relokasi Warga di Wilayah Rawan Bencana Semeru

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 16 Desember 2021 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 337 2518187 wapres-perintahkan-pemprov-jatim-bnpb-siapkan-relokasi-warga-di-wilayah-rawan-bencana-semeru-WzT3WMQboY.jpg Wapres Ma'ruf Amin. (Dok Okezone)

SURABAYA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin minta pemerintah daerah (pemda) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) segera menyiapkan tata ruang dan relokasi warga di wilayah rawan bencana erupsi Gunung Semeru.

Terlebih, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral juga telah membuat peta kawasan rawan bencana Gunung Semeru di Jawa Timur. Peta ini menunjukkan wilayah-wilayah rawan terkena dampak jika Gunung Semeru kembali meletus.

Namun, pada wilayah rawan bencana letusan Semeru tersebut sudah terdapat banyak permukiman, sehingga orang-orang yang bermukim di sana belum mengetahui lokasi yang ditinggali merupakan kawasan rawan bencana.

“Untuk itu, saya memerintahkan kepada pemerintah daerah dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk berkolaborasi dalam merumuskan peruntukan dan penataan ruang pada kawasan Gunung Semeru dengan menitikberatkan aspek bencana,” kata Wapres saat melakukan konferensi video dengan posko pengungsian korban erupsi Gunung Semeru di Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (16/12/2021).

Selain itu, Wapres meminta masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana agar direlokasi ke daerah yang lebih aman apabila memungkinkan.

“Namun, bila tidak dapat dilakukan karena adanya pertimbangan-pertimbangan tertentu, Pemerintah Daerah dengan dibantu BPBD secara aktif membantu dan membentuk masyarakat tanggap bencana, serta juga perlunya dukungan aksesibilitas (jalan) dan kapasitas tempat pengungsian yang harus disiapkan,” ujarnya.

Baca Juga : Gunung Semeru Kembali Semburkan Awan Panas, Wapres Batal Kunjungi Pengungsi

Itu termasuk, kata Wapres, membangun early warning system dalam bentuk alarm pada titik-titik di wilayah kawasan bencana.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

“Berikan informasi secara rutin kepada masyarakat terhadap status gunung atau peningkatan aktivitasnya, sehingga informasi-informasi yang ada dapat diketahui oleh masyarakat yang bertujuan meminimalkan dampak atas terjadinya bencana,” tuturnya.

Terakhir, Wapres memerintahkan kepada segenap jajaran Pemprov Jawa Timur untuk bergerak cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat dalam bencana alam erupsi Gunung Semeru yang tengah terjadi saat ini.

“Tunjukkan sikap kepedulian dan empati terhadap masyarakat yang terkena bencana serta meyakinkan masyarakat bahwa negara pasti hadir untuk membantu dan memulihkan kondisi masyarakat dan daerah yang terdampak bencana,” kata Wapres.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini