Share

Herry Wirawan Mendekam di Rutan Kebonwaru, Dibina Petugas dan Napi

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Kamis 16 Desember 2021 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 337 2517848 herry-wirawan-mendekam-di-rutan-kebonwaru-dibina-petugas-dan-napi-6yWFqmesTh.jpg Herry Wirawan (Foto : MPI/Istimewa)

BANDUNG - Oknum guru yang juga pimpinan Madani Boarding School yang melakukan pemerkosaan pada para santriwatinya, Herry Wirawan kini mendekam di balik jeruji Rumah Tahanan (Rutan) Kebonwaru, Kota Bandung. Di sana, dia dibina oleh petugas dan para napi.

Diketahui, Herry yang berstatus sebagai terdakwa kasus pencabulan terhadap belasan santriwatinya itu telah mendekam di Rutan Kebonwaru sejak 21 September 2021 sebagai tahanan titipan Pengadilan Negeri (PN) Bandung.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat, Sudjonggo mengatakan, selama dibui, Herry mendapatkan pembinaan, baik mental hingga keagamaan.

"Kita masukkan pembinaan tahanan. Memberitahukan bahwa yang dilakukan sebelumnya salah atau keliru," ujar Sudjonggo, Kamis (16/12/2021).

Selain melibatkan petugas rutan, pihaknya pun melibatkan narapidana (napi) sesama warga binaan lainnya untuk membina Herry. "Bukan hanya pembinaan mental, tapi juga pembinaan sosial hingga agamanya (pembina) dari petugas rutan dan dari teman-teman sekamar dan juga teman-teman tempat ibadahnya bersama," kata Sudjonggo.

Baca Juga : Kasat Reskrim dan Kapolsek Tambusai Utara Dicopot, Imbas Kasus Perkosaan?

Sebelumnya, kondisi terkini Herry diperlihatkan Kepala Rutan Kebonwaru, Riko Stiven. Riko menunjukkan foto terbaru Herry melalui telepon selulernya di Rutan Kebonwaru, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Senin (13/12/2021).

"Alhamdulillah kondisinya sehat dan baru saja kami ngobrol dengan yang bersangkutan," ujar Riko.

Dalam foto yang diperlihatkan Riko, tampak Herry memakai kemeja kotak-kotak berwarna hitam dan di lehernya melilit masker berwarna hitam.

"Yang bersangkutan masuk pada 21 September lalu. Masuk dengan protokol kesehatan di swab antigen, lalu kami isolasi selama 14 hari. Tanggal 12 Oktober 2021, setelah menjalani 14 hari isolasi, kami tempatkan di kamar hunian bersama tahanan lainnya," terang Riko.

Follow Berita Okezone di Google News

Menurut Riko, di dalam tahanan, Herry tinggal sekamar bersama para pelaku tindak pidana umum, seperti pelaku pencurian hingga begal.

"Ya di dalam satu tahanan, pidana umum semua, ya ada macam-macam, ada penggelapan, ada pencurian, sama juga tahanannya," katanya. agung bakti sarasa

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini