Share

Deretan Hukuman Kebiri di Berbagai Negara, Nomor 3 Paling Heboh

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 16 Desember 2021 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 15 337 2517536 deretan-hukuman-kebiri-di-berbagai-negara-nomor-3-paling-heboh-hK3pmgYqsu.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Hukuman kebiri atau kastrasi memang belum banyak dilakukan di dunia. Namun, belakangan ini hukuman tersebut kembali disinggung, mengingat banyaknya kasus kejahatan seksual yang terjadi di Tanah Air. Berikut adalah kasus yang berujung vonis kebiri bagi si pelaku, di dalam dan luar negeri.

1. Indonesia

MA, pria asal Mojokerto, Jawa Timur tega mencabuli 9 bocah pada Oktober 2018. Melansir Okezone, MA dijatuhi hukuman kebiri kimia dan kurungan penjara 12 tahun, serta denda 100 juta subsider 6 bulan kurungan.

Dia terbukti telah melanggar Pasal 76 d, Pasal 81 ayat 1 subsider 76 e Pasal 81 ayat 1 UU Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Hukuman ini dirasa sudah sangat tepat dijatuhkan kepada tersangka. Mengingat, landasan hukumnya sudah jelas. Dengan ini, MA resmi menjadi orang pertama yang mendapat hukuman kebiri kimia di Indonesia.

Baca juga: Mensos Risma: Secara Pribadi Saya Dukung Herry Wirawan Dihukum Kebiri!

2. Korea Selatan

Korea Selatan juga pernah melakukan hukuman kebiri kimia terhadap seorang pria di tahun 2012. Reuters menyebut, vonis tersebut dijatuhkan usai tersangka terbukti mencabuli gadis-gadis muda di negara itu.

Pria berusia 45 tahun itu melakukan pelecehan terhadap anak-anak yang berusia di bawah 13 tahun. Aksi biadab itu dilakukan antara tahun 1984 dan 2002.

Baca juga: Oknum Marbot Masjid Cabuli Belasan Anak di Cirebon, Terancam Dihukum Kebiri

3. Inggris

Ahli matematika asal Inggris, Alan Turning harus menjalani kebiri kimia di tahun 1952. Ia diputus bersalah karena telah melakukan tindakan homoseksual. Hal ini tentunya mengejutkan banyak pihak. Sebab, Turning dikenal sebagai orang yang paling berpengaruh pada abad ke-20.

Dia berhasil memecahkan kode rahasia milik Nazi saat Perang Dunia ke-2.

Baca juga: Sikapi PP Kebiri, Polri: Penyidik Tetap Mengacu KUHAP

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini