Share

Menkumham Berencana Bangun Lapas Baru Lagi di Nusakambangan

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 15 Desember 2021 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 15 337 2517534 menkumham-berencana-bangun-lapas-baru-lagi-di-nusakambangan-maaeeHgf93.jpg Menkumham, Yassona (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Hamonganan Laoly berencana membangun kembali Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) baru di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Asalkan, kata Yasonna, anggaran di Kemenkumham mencukupi untuk membangun kembali lapas yang baru.

Demikian diungkapkan Yasonna saat meninjau langsung pembangunan lapas baru di Pulau Nusakambangan. Terdapat tiga lapas yang baru dibangun di Pulau Nusakambangan. Tiga lapas itu yakni, Lapas Maksimum Sekuriti Ngaseman; Lapas Maksimum Sekuriti Glandakan; dan Lapas Minimum Sekuriti Nirbaya.

"Mudah-mudahan kalau ada anggaran nanti dan uang kita cukup akan kita bangun lagi. Karena tanah kita di Nusakambangan ini 21000 ha," kata Yasonna melalui keterangan resminya, Rabu (15/12/2021).

Baca juga: Peringati Hari Santri, Ribuan Napi Bersholawat Dibalik Jeruji Besi

Yasonna menyoroti berbagai permasalahan over kapasitas sejumlah lapas dan rutan di Indonesia. Mayoritas, kata Yasonna, over kapasitas di sejumlah lapas dikarenakan narapidana kasus narkoba. Oleh karenanya, akar masalah yang harus diselesaikan terkait pemidanaan adalah melalui pendekatan restorative justice.

"Maka saya pikir program pembinaan yang harus kita lakukan, pendekatan dan paradigma untuk melihat analisis penyebab-penyebab kejahatan dan pidana ini memang harus berkelakuan baik daripada kita pelihara di dalam dengan biaya yang sangat besar. Tentu dengan asesmen," ungkap Yasonna.

Baca juga:  Soal Over Kapasitas Lapas, Eks Wamenkumham Paparkan Solusi Jangka Pendek dan Panjang

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Yasonna juga angkat bicara terkait masalah kaburnya narapidana kasus narkoba di Lapas Tangerang. Ia meminta kepada jajaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kemenkumham agar kasus tersebut menjadi pembelajaran untuk lebih baik kedepannya.

"Kita akan memetakan seluruh permasalahan yang ada di Lapas. Peristiwa Lapas Tanggerang tentu menjadi pembelajaran untuk kita, kami harus menyiapkan anggaran untuk perbaikan perbaikan peralatan listrik untuk lapas-lapas yang sudah tua. Kalau cukup uang tentu bangun baru. Tapi kan kembali kita harus banyak skala prioritas pemerintah lain untuk pembangunan ekonomi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini