Share

Haji Lulung Meninggal Dunia, Begini Sepak Terjangnya di Ibu Kota

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 14 Desember 2021 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 337 2516796 haji-lulung-meninggal-dunia-begini-sepak-terjangnya-di-ibu-kota-LwoscNbMlc.jpg Foto: Okezone.

JAKARTA - Abraham Lunggana atau yang dikenal sebagai Haji Lulung lahir di Jakarta, 24 Juli 1959. Dia merupakan anak dari Ibrahim Tjilang, seorang anggota tentara BKR dengan pangkat Peltu. Sebelum mempunyai karier yang moncer, Lulung merupakan seorang pengumpul barang-barang dan kardus bekas di pasar Tanah Abang.

BACA JUGA: Haji Lulung Meninggal, Ini Penjelasan Lengkap Dokter soal Penyebab Tutup Usia

Ayah Lulung meninggal dunia ketika dia masih SMP. Dia pun harus membantu mencari nafkah untuk ibu dan saudaranya. Dia mengumpulkan barang-barang dan kardus bekas. Dari hasil kerjanya itu, Lulung bisa mendapat upah dalam sehari berkisar Rp50.000-Rp100.000. Uang yang diperolehnya itu diberikan kepada sang ibu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA: Haji Lulung Meninggal Dunia, Ahok: Semoga Arwah Almarhum Diterima di Sisi Allah

Namun peruntungan Lulung berubah pada 1996. Saat itu terjadi konflik antara warga Betawi yang dipimpin Muhammad Yusuf alias Bang Ucu dan kelompok Timur yang dipimpin oleh Hercules Rozario. Lulung ketika itu memihak Hercules. Namun Hercules kalah dan gagal dalam mempertahankan kekuasaannya di Tanah Abang. Lulung pun dinilai sebagai pengkhianat karena telah membela Hercules. Beruntung, Lulung diselamatkan oleh Bang Ucu.

Pada tahun 2000, Lulung berhasil mengambil alih bisnis lahan parkir dan keamanan yang dipegang oleh Bang Ucu. Meski demikian, dia tetap membayar iuran ke Bang Ucu lantaran telah menyelamatkannya. Dari situlah Lulung mendirikan PT Putrajaya Perkasa yang bergerak di bidang parkir dan keamanan.

Dia juga mulai mendirikan perusahaan lain, seperti PT Tujuh Fajar Gemilang dan PT Satu Komando Nusantara. Selain itu, Lulung juga mempunyai kantor pengacara Haji Lulung & Associates.

Setelah sukses membangun bisnisnya, dia mencoba peruntungan di dunia politik. Pada 2013, Haji Lulung sempat viral lantaran berseteru dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Lulung pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Sementara di Partai Persatuan Pembangunan, Lulung terakhir menjabat sebagai Ketua DPW PPP DKI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini