Share

Cerita Hoegeng Luntang-Lantung di Jakarta, Berserah Pada Rencana Tuhan

Fay Cilla, Okezone · Selasa 14 Desember 2021 06:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 337 2516546 cerita-hoegeng-luntang-lantung-di-jakarta-berserah-pada-rencana-tuhan-GFjxuB7Aab.jpeg Hoegeng. (Foto: Istimewa)

KEPRIBADIAN sederhana Hoegeng masih diceritakan hingga kini. Banyak cerita tentang Hoegeng, baik yang bersumber dari mulut kemulut atau buku-buku biografi hasil wawancara orang terdekat Hoegeng. 

Salah satunya adalah buku ‘Hoegeng Polisi dan Mentri Teladan’ karya Suhartono yang menceritakan beberapa pengalaman Hoegeng. 

Cerita ini tentang Hoegeng sebelum menjabat sebagai Kapolri. Hoegeng sempat ditugaskan ke Medan. Saat itu Medan merupakan tempat yang berat untuk polisi-polisi disiplin seperti Hoegeng.

Selepas ia bertugas di Medan, ia ditarik kembali ke Jakarta. Namun sesampainya di Jakarta, Hoegeng sempat luntang-lantung atau tidak memiliki pekerjaan apalagi jabatan. Padahal sebelum berangkat ke Medan, Hoegeng adalah Kepala Dinas Pengawasan Keamanan Negara di Kepolisian Daerah Jawa Timur, yang sehari-hari menjalankan tugas intelejen untuk pengamanan kondisi wilayah dari ancaman komunis saat itu.

Baca juga: Cerita Hoegeng Menjadi Sasaran Tembak Sniper, Akibat Tidak Mau Kompromi!

Meskipun luntang-lantung Hoegeng tetap mengisi kesehariannya dengan santai bersama keluarga. Baginya jabatan tidak perlu dicari dan akan datang sesuai dengan rencana Tuhan.

Selama ia dicrumah, ia sempat mendengar beberapa kali bahwa ia akan ditempatkan sebagai Kepala Direktorat Reserse dan Kriminal Komisariat Daerah Kepolisian (Kadit Reskrim Komdak) Metro Jakarta Raya. Namun informasi tersebut tidak terealisasikan walaupun beberapa kali Hoegeng latihan mengikuti upacara serah terima jabatan. 

Lalu terungkap bahwa alasan lain Hoegeng ditarik kembali dari Medan ke Jakarta tidak lain karena tengah terjadi perpecahan di tubuh Polri. Selama di rumah Hoegeng banyak menghabiskan waktu dengan bermain musik, melukis dan mengayuh sepeda ontelnya di sekitar rumahnya di kawasan Menteng.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini