Share

Timbangan Portabel, Cara Korlantas Cegah Pelanggaran Kelebihan Muatan Kendaraan

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 14 Desember 2021 00:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 337 2516514 timbangan-portabel-cara-korlantas-cegah-pelanggaran-kelebihan-muatan-kendaraan-lvxKh2eImb.jpg Timbangan portabel untuk mencegah kelebihan muatan (Foto : Korlantas)

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar demo penggunaan timbangan portabel bagi para personel Korlantas. Nantinya, kegunaan timbangan portabel ini untuk mengukur jumlah beban muatan kendaraan di jalan raya, khususnya kendaraan roda empat.

"Kita siapkan kembali seluruh personel dan peralatan untuk mendukung lalu lintas di jalan. Kita sudah memiliki perangkat (timbangan portabel) untuk uji beban untuk menghindari pelanggaran over kapasitas," kata Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi di NTMC Polri, Senin (13/12/2021).

Ia menambahkan, secara teknis kendaraan yang membawa muatan melebihi kapasitas, memiliki resiko membahayakan keselamatan dan keamanan pengguna jalan.

Lebih lanjut, Firman menjelaskan kendaraan dengan muatan lebih, dapat menyebabkan kemacetan panjang. Sebab kendaran tersebut akan melaju dengan kecepatan pelan sehingga akan menambah rangkaian kendaraan di belakangnya.

"Ini juga sama bila terjadi kerusakan-kerusakan jalan dan dimensi muatannya besar otomatis mengganggu jalan. Ini kami akan memperlancar karena diatasnya berbagai macam kepentingan mulai dari ekonomi, sosial, harus kita dukung," ucap Firman.

Baca Juga : Korlantas Tingkatkan Layanan Digital dalam Samsat, Irwasum Polri : Dapat Minimalkan Penyimpangan

Firman menuturkan, timbangan portabel untuk golongan kendaraan besar, telah disediakan 5 unit dan 8 unit untuk kendaraan kecil. Titik penempatannya pun akan berpindah-pindah karena timbangan portabel ini bisa dibawa kemana saja.

Kendati demikian, Firman berharap dengan adanya timbangan portabel ini dapat meningkatkan keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Ia juga ingin, masyarakat menyambut baik dan mendukung penuh langkah Korlantas untuk mencegah insiden di jalan raya.

"Kita harapkan masing-masing kendaraan memenuhi kapasitas yang diperbolehkan. Kalau melanggar, kita akan turunkan, kita tidak mengeluarkan tilang. Jadi pakai saja mobil yang sama tapi minta dijemput," tutup Firman.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini