Share

Daftar 5 Negara yang Sering Diterjang Badai, Nomor 2 Paling Memilukan

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 12 Desember 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 11 337 2515499 daftar-5-negara-yang-sering-diterjang-badai-nomor-2-paling-memilukan-ZnBel4Hzew.jpg Topan Super Haiyan menerjang Filipina pada 2013 (Foto: Reuters)

BADAI merupakan salah satu fenomena alam yang kerap terjadi. Namun, tidak seluruh wilayah di bumi pernah dilanda badai. Ada wilayah yang tak pernah dikunjungi badai, sementara sebagian wilayah lainnya memiliki potensi tinggi terjadinya badai.

Berikut beberapa negara yang paling banyak diterjang badai:

1. China

Di China, badai dapat terjadi sepanjang tahun, tanpa mengenal musim. Tahun ini saja, tepatnya pada Selasa 20 Juli 2021, terjadi hujan yang disebut-sebut sebagai hujan terlebat yang terjadi di negara ini dalam 1.000 tahun. Akibat kejadian ini, sebanyak 12 orang tewas dan ribuan orang lainnya dievakuasi akibat banjir bandang di provinsi Henan.

Baca Juga: Badai Dahsyat Terjang Italia, Sebabkan Banjir Besar dan Tewaskan Setidaknya 2 Orang

Badai juga terjadi dan merusak bendungan Yihetan di dekat ota Luoyang. Namun, bencana badai terbesar yang pernah melanda negara ini terjadi pada 2006, ketika terjadinya Topan Saomai yang menewaskan 458 orang. Tidak hanya di China, topan ini juga menyebabkan kerusakan di wilayah tetangga, seperti Kepulauan Mariana, Taiwan, hingga Filipina.

2. Filipina 

Badai di Filipina juga dapat terjadi sepanjang tahun. Puncak rawan badai berada di bulan Mei hingga November. Tahun ini, terjadi Badai Kompasu yang memicu hujan lebat di Filipina, pada 11 Oktober 2021. Akibat terjangan badai, banyak desa terkena dampak berupa banjir dan tanah longsor.

Korban jiwa pun berjatuhan, empat orang tewas akibat tanah longsor di Provinsi Benguet, dan satu orang lain dikabarkan tenggelam dalam banjir yang terjadi di Provinsi Cegayan. Sementara itu, badai terkuat yang pernah terjadi di negara ini adalah Topan Haiyan yang terjadi pada tahun 2013, dengan korban jiwa mencapai 6.300 orang.

3. Jepang

Jepang juga kerap disapu badai. Salah satu bencana badai yang paling buruk terjadi pada 12 Oktober 2019. Badai Hagibis menerjang Semenanjung Izu yang berada di sebelah barat Tokyo, dengan kecepatan angin mencapai 225 km/jam.

Baca Juga: 5 Fakta Siklon Tropis Kompasu Tewaskan 9 Orang di Filipina, Berefek ke Indonesia?

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Karena telah mendapat peringatan sebelumnya, pemerintah melakukan beberapa tindakan penanggulangan, seperti menutup layanan kereta cepat dan kereta bawah tanah Tokyo sejak hari, hingga menghentikan lebih dari 1.000 penerbangan dari bandara domestik. Namun, bencana ini tetap menimbulkan dampak meski telah dilakukan upaya pencegahan, yakni padamnya listrik di lebih dari 270.000 rumah, hingga jatuhnya 66 korban jiwa.

4. Meksiko 

Negara yang terletak di bagian utara Amerika ini mengalami musim rawan badai dari Mei hingga November. Tahun ini, tepatnya 21 Agustus 2021, negara bagian Veracruz, Meksiko, dilanda Badai Grace yang menghantam kota resor Tecolutla di pantai Teluk Meksiko. Terjadinya badai ini menyebabkan area pesisir pantai dibanjiri air laut. Sementara itu, Badai Patricia pada tahun 2015 menjadi salah satu badai terbesar yang menerjang Meksiko. Kerugian sebesar USD462,8 juta harus ditanggung oleh negara. 

5. Amerika Serikat 

Negara bagian Florida merupakan daerah yang paling sering diterjang badai di wilayah Amerika Serikat. Tercatat sebanyak 298 badai tropis Atlantik telah menyapu setiap negara bagian Amerika Serikat. Tahun ini, Amerika Serikat dihantam oleh Badai Ida pada 29 Agustus 2021.

Akibat terjangan badai ini, listrik di New Orleans terputus total. Dengan kecepatan angin 241,4 kilometer/jam, badai menghancurkan apa saja yang dilewatinya. Sebanyak 41 orang tewas di New York akibat banjir bandang yang dipicu oleh badai ini.

Dilansir dari berbagai sumber/Andin Danaryati/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini