Share

Cegah Mobilitas Saat Nataru, Pemda Diminta Aktifkan Satgas Covid-19 Tingkat Mikro

Binti Mufarida, Sindonews · Sabtu 11 Desember 2021 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 11 337 2515456 cegah-mobilitas-saat-nataru-pemda-diminta-aktifkan-satgas-covid-19-tingkat-mikro-u4ghSp0I88.jpg Wiku Adisasmito (Foto: Dok BNPB)

JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk tidak menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 pada saat periode Natal dan Tahun Baru.

Namun demikian, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mendorong agar pemerintah daerah dari tingkat provinsi hingga paling bawah atau tingkat mikro untuk diaktifkan kembali.

“Pemerintah pada prinsipnya menerapkan kebijakan yang berlapis, pertama Satgas Covid di tingkat daerah dari Provinsi hingga Kelurahan diaktifkan, dan mereka bertugas untuk mengawasi aktivitas di lingkungannya masing-masing,” kata Wiku dalam keterangannya, Sabtu (11/12/2021).

“Kemudian juga menerapkan PPKM sesuai dengan level 1, 2, 3, dan 4 beserta Satgas di tingkat paling mikro yang paling bawah,” tambahnya.

Wiku juga meminta agar seluruh fasilitas publik memiliki Satgas Protokol Kesehatan 3M. “Kita juga meminta kepada seluruh fasilitas publik agar memiliki Satgas protokol kesehatan 3M untuk memastikan bahwa aktivitasnya diawasi oleh Satgas prokes 3M tersebut.”

Baca juga: PPKM Level 3 Dibatalkan, Pengusaha Mamin Gembira

Sementara itu, kata Wiku, Dinas Perhubungan juga akan melakukan pengecekan untuk memastikan orang-orang yang bepergian dalam kondisi yang sehat.

Baca juga: PPKM Level 3 saat Nataru Batal, Satgas Tegaskan Tetap Ada Pengendalian Aktivitas

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

“Dan selain itu juga di pihak perhubungan juga akan melakukan pengecekan di beberapa titik untuk memastikan bahwa orang-orang yang bergerak atau mobile adalah orang-orang yang memang dalam kondisi sehat.”

“Serta TNI Polri juga membantu upaya pendisiplinan di berbagai tempat di wilayah Indonesia,” tambah Wiku.

Baca juga: PPKM Level 3 saat Nataru Batal, Satgas Tegaskan Tetap Ada Pengendalian Aktivitas

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini