Share

Kisah Bocah Berlari Ketakutan saat Erupsi Gunung Semeru, Selamat dan Bisa Bertemu Orangtua

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 10 Desember 2021 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 337 2514914 kisah-bocah-berlari-ketakutan-saat-erupsi-gunung-semeru-selamat-dan-bisa-bertemu-orangtua-9z6c4Kq1d3.jpg Kisah Nurfida, bocah 7 tahun yang berlari menyelamatkan diri dari abu vulkanik erupsi Gunung Semeru (Foto: Instagram/@littleproject.idn)

JAKARTA Video rekaman abu vulkanik letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang membumbung tinggi mendadak viral di media sosial (medsos).

Di video itu terlihat orang-orang berhamburan keluar rumah dan berlari ketakutan. Termasuk anak-anak yang ikut berlari berusaha menyelamatkan diri dari awan panas saat Gunung Semeru meletus. Di belakang mereka terlihat kepulan abu vulkanik seolah mengejar.

Melalui unggahan instagram @littleproject.idn, diketahui salah satu anak yang ikut berlari diketahui bernama Nurfida, 7. Di video itu dia terlihat berlari mengenakan jilbab berwarna hijau tosca.

Nurfida diketahui sedang mengaji bersama teman-temannya saat Gunung Semeru meletus. Hal ini sudah menjadi rutinitasnya setiap hari. Nurfida yang biasa dipanggil Fida kerap pergi mengaji pukul 14.30 WIB. Saat itu, Fida belum sempat membuka Iqro dan mendengar gemuruh dari luar masjid.

Tak berapa lama kemudian, Ustadz yang mengajar mengaji menyuruh Fida dan teman-temannya segera berlari menyelamatkan diri. Gemuruh itu menandakan Gunung Semeru yang meletus pada pukul 15.20 WIB.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Viral Kepanikan Warga Berkumpul di Masjid  Ayo Semua Istighfar

Fida dan teman-temannya berlari sekencang mungkin agar bisa selamat dan mencari tempat berteduh dari hujan pasir. Bocah kecil ini juga melihat banyak orang berlarian keluar keluar menyelamatkan diri seperti yang dilakukan dirinya. Dia mendengar orang-orang yang berlarian itu terus mengumandangkan takbir. Tak hanya itu, dia melihat banyak pohon pisang tumbang.

Fida dan warg lain yang berlarian akhirnya menyelamatkan diri di dalam sebuah masjid. Dia tinggal di dalam masjid selama dua jam menunggu letusan selesai.

Baca Juga: 8 Kecamatan di Lumajang Terdampak Abu Vulkanik Gunung Semeru

Sementara itu, kedua orangtua Fida pun tak tenang berharap masih bisa bertemu dengan putrinya. Keduanya khawatir jika Fida sudah tiada dan mereka tidak bisa menemukannya. Namun mereka terus mencarinya hingga akhirnya bertemu di dalam masjid sekitar pukul 21.00 WIB.

Unggahan ini pun langsung menuai beragam komentar dari warganet. Mereka mengucapkan sukur dan doa karena Fida serta orang-orang lainnya bisa selamat dari erupsi itu.

"Alhamdulillah.. Syukur selamat nak.! Semoga membesar jadi anak solehah. Aamiiiin," kata @tokwa***

“Semoga vida sehat selalu and selalu dlm lindungan Allah SWA.menjadi Anak hafis Qur'an 😍😘🤲,” tulis zihan_yusuf69.

"Sehat2 nduk. Semoga jd anak sholeha," ucap @is**.

"MasyaAllah Alhamdulillah semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah swt Aamiin.," kata @meydi***

"Subhanallah, Alhamdulillah semoga kelak tumbuh menjadi perempuan Sholehah ,bukti sayang dan kasih Allah nih ," ujar @ceri***

"Ga kebayang apa yg dia rasakan saat berlari. Sendirian, dan saat itu entah dimana ibu, bapak, atau saudaranya yang lain.," ujar @hika***

"Masya Allah Perlindungan dari Allah," ucap @uci***

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini