Share

Cegah Kebakaran Hutan, Pemerintah Imbau Masyarakat Manfaatkan Lahan Gambut

Agregasi Sindonews.com, · Kamis 09 Desember 2021 22:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 337 2514723 cegah-kebakaran-hutan-pemerintah-imbau-masyarakat-manfaatkan-lahan-gambut-y93Ct6Ydkv.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

TAPIN - Pemerintah dalam hal ini Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) mengimbau masyarakat di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel), dapat memanfaatkan lahan gambut yang ramah lingkungan. Masyarakat diminta tidak membakar lahan saat memanfaatkan lahan gambut.

Untuk mewujudkan hal itu, BRGM memberikan bantuan ke masyarakat di Desa Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan, Tapin, Kalsel yang tinggal di sekitar lahan gambut.

Bantuan itu berupa bantuan usaha pengadaan kandang budidaya ayam potong. Bantuan senilai Rp100 juta tersebut diberikan kepada Kelompok Masyarakat (Pokmas) Galam Bersatu di Desa Tatakan.

“Bantuan itu kami gunakan untuk membuat kandang ayam berukuran 8x40 meter. Kami juga sebenarnya bisa memilih, apakah akan ternak itik, ayam atau yang lainnya, namun kami memilih untuk beternak ayam broiler, dengan cara bermitra dengan perusahaan," ujar Ketua Pokmas Galam Bersatu, Ulu Nurdin, Kamis (9/12/2021).

Menurut Nurdin, kegiatan Revitalisasi Mata Pencaharian Masyarakat dari BRGM ini merupakan yang kedua kalinya. Bantuan pertama pada 2019, senilai Rp100 juta untuk pembuatan kandang ayam yang mampu menampung 3.000 ekor ayam.

“Bantuan kedua ini diberikan BGRM karena kami telah berhasil mengelola bantuan pertama dan dikelola secara berkelanjutan,” ucapnya.

Pihaknya menyebut, ayam broiler sudah bisa panen di usia 32 hari. Dalam sekali panen, kelompoknya bisa mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp10 juta.

Baca Juga : Karhutla Menurun 98,47% Tahun Ini, Ternyata Semuanya Bermula Usai Tragedi 2015

“Jadi hasilnya nanti, pertama disisihkan untuk uang kas, anggota yang ikut memelihara ini kan sekitar 4 orang, nah masing-masing bisa mendapatkan upah Rp2 juta dalam sekali panen,” ujar Nurdin.

“Bantuan peternakan ini sangat bermanfaat bagi saya maupun anggota lain karena bisa meningkatkan ekonomi kami dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama di tengah pandemi. Jika bantuan masih terus ada kami sangat senang, karena lahan untuk peternakan di sini juga masih ada,” tuturnya.

Bantuan ekonomi di Desa Tatakan ini merupakan satu dari 12 bantuan ekonomi yang diberikan BRGM pada 2021 di Kalsel. Selain bantuan ekonomi, Desa Tatakan sebelumnya juga telah mendapat bantuan 16 sekat kanal.

Sekat kanal ini diharapkan dapat menahan dan menaikan tinggi muka air di lahan gambut agar tetap basah, meskipun di musim kemarau. Bantuan ini diharapkan juga dapat berkontribusi pada upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, terutama gambut.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini