Pelaku Perjalanan Antar Kabupaten/Kota Bakal Diwajibkan Vaksinasi Dosis Penuh

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 09 Desember 2021 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 337 2514665 pelaku-perjalanan-antar-kabupaten-kota-bakal-diwajibkan-vaksinasi-dosis-penuh-HBHvAPk2cY.jpg Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Foto: Antara)

JAKARTA – Pemerintah akan menerapkan aturan baru terkait syarat pelaku perjalanan antar kabupaten/kota. Pelaku perjalanan diwajibkan sudah vaksinasi Covid-19 dosis penuh.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan aturan tersebut akan diberlakukan dalam waktu dekat.

“Selanjutnya dalam waktu dekat pemerintah akan menetapkan wajib vaksin dosis penuh untuk pelaku perjalanan antar kabupaten/kota di luar wilayah aglomerasi selama periode Natal dan Tahun Baru,” kata Wiku, Kamis (9/12/2021).

Namun hal ini tidak serta merta berlaku untuk wilayah di luar Jawa dan Bali. Wiku menjelaskan bahwa untuk wilayah luar Jawa-Bali akan ditetapkan oleh masing-masing pemda. Hal ini mengingat capaian vaksinasinya yang masih rendah.

Baca juga: Tanpa Kerumunan, Perayaan Natal Nasional 2021 Fokus Ibadah dan Bakti Sosial

“Bagi daerah di luar Jawa-Bali yang cakupan vaksinasinya masih di bawah rata-rata nasional, pemerintah pusat memberikan diskresi kepada pemerintah daerah untuk dapat menyesuaikan peraturan sesuai dengan kondisi di daerahnya masing-masing,” ujarnya.

Wiku pun mengimbau agar masyarakat agar segera melakukan vaksinasi dosis penuh di pos pelayanan terdekat.

“Untuk itu seluruh masyarakat yang belum divaksin secara penuh dapat mengunjungi pos pelayanan vaksinasi terdekat. Termasuk di beberapa bandara dan pelabuhan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini