Share

5 Letusan Gunung yang Banyak Menelan Korban, dari Krakatau hingga Unzen di Jepang

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 10 Desember 2021 05:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 337 2514659 5-letusan-gunung-yang-banyak-menelan-korban-dari-krakatau-hingga-unzen-di-jepang-8fOYD0asVA.jpg Gunung Krakatau (Foto: MNC/Ist)

PENGHUJUNG tahun 2021 ini, Indonesia digemparkan dengan meletusnya Gunung Semeru. Erupsi gunung yang masuk dalam jajaran Seven Summits ini turut menambah daftar panjang korban letusan gunung berapi.

Mengenang beberapa tahun silam, letusan gunung berapi selalu memakan banyak korban. Berikut 5 gunung yang meletus dan banyak menelan korban di dunia.

1. Gunung Tambora, Indonesia

Gunung Tambora merupakan gunung berapi yang terbentuk dari lapisan alternatif lava dan abu. Gunung ini terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Gunung Tambora tercatat meletus dengan dahsyat pada April 1815. Dasyatnya letusan Tambora, membuat catatan kelam untuk warga Nusa Tenggara bahkan dunia. Letusan Gunung Tambora ini menimbulkan banyak korban jiwa, menyebabkan kerusakan tanah dan lahan, tsunami, dan runtuhnya kaldera.

Pasalnya, karakteristik aliran letusan berupa piroklastik (hasil letusan gunung berapi yang bergerak dengan kecepatan 700 km/jam dan terdiri dari gas panas, abu vulkanik, dan bebatuan). Beberapa negara juga mengalami perubahan iklim global dalam waktu yang lama.

Tidak kurang dari 71.000 orang tewas karena efek letusan Gunung Tambora. Sebanyak 11.000-12.000 di antaranya terbunuh secara langsung akibat letusan tersebut.

2. Gunung Krakatau

Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda, antara Pulau Jawa dan Sumatera. Tercatat, korban yang tewas dalam letusan pada 24 Agustus 1883 ini mencapai 36.417 orang. Korban berasal dari kampung kawasan pantai, mulai dari Merak di Kota Cilegon hingga Cilamaya di Karawang, pantai barat Banten hingga Tanjung Layar di Pulau Panaitan, Ujung Kulon serta Sumatera bagian selatan.

Ledakan Krakatau telah melemparkan batu-batu apung dan abu vulkanik dengan volume 18 kilometer kubik, hingga mencapai Singapura. Benda-benda yang berhamburan ke udara jatuh di dataran Pulau Jawa dan Sumatera sampai ke Sri Lanka, India, Pakistan, Australia, dan Selandia Baru, menurut situs Volcano World milik Oregon State University.

Baca Juga : Update Erupsi Semeru: Korban Meninggal Dunia Bertambah Jadi 43 Orang

3. Gunung Pelee, Prancis

Pada 8 Mei 1902, Gunung Pelee meletus dengan hebat. Gunung Pelee merupakan gunung yang berada di pesisir utara Pulau Martinique, Prancis.

Hanya dalam hitungan menit, Kota Saint Pierre terkubur oleh awan hitam, lahar panas, dan bebatuan besar. Tercatat korban yang meninggal berjumlah 30.000 orang. Sebagian besar korban meninggal lantaran lemas dan terbakar akibat terkena letusan. Sebanyak 18 kapal yang berlabuh di dermaga hancur, serta para kru turut menjadi korban jwa.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

4. Gunung Nevando del Ruiz, Kolombia

Nevado del Ruiz adalah gunung berapi tertinggi kedua di Kolombia yang terletak di Taman Nasional Los Nevados. Gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 5.300 mdpl ini pernah meletus pada 13 November 1985.

Gunung Nevando del Ruiz mengeluarkan lava dari kawah hingga mencairkan es glasial yang mengelilingi gunung tersebut. Selain itu letusan Gunung Nevando del Ruiz juga menyebabkan tanah longsor. Sebanyak lebih dari 23.000 orang tewas. Mengutip dari bbc, letusan Nevando del Ruiz adalah letusan paling mematikan nomor dua di sepanjang Abad ke-20 setelah erupsi Gunung Pelee.

5. Gunung Unzen, Jepang

Gunung Unzen berada di bagian barat Kyushu, Jepang. Unzen meletus pada 21 Mei 1792 silam. Letusan Unzen yang terjadi di dekat Kota Nagasaki menimbulkan tanah longsor dan tsunami. Sedikitnya 15.000 orang tewas akibat bencana alam letusan gunung api, tanah longsor, dan tsunami.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini