5 Fakta Kisah Pilu Rumini Meninggal Peluk Nenek saat Gunung Semeru Meletus

Mohammad Adrianto S, Okezone · Kamis 09 Desember 2021 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 337 2514646 5-fakta-kisah-pilu-rumini-meninggal-peluk-nenek-saat-gunung-semeru-meletus-w9fHG8Z60j.jpg Rumini dan neneknya meninggal berpelukan saat erupsi Gunung Semeru. (Foto: Istimewa)

LUMAJANG - Kisah Rumini yang meninggal bersama neneknya kala erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021), mengundang simpati masyarakat. Sikap Rumini yang memilih tetap menenami orang tersayangnya itu viral di berbagai media sosial.

Terdapat beberapa fakta di balik kisah Rumini, yang sudah dikumpulkan dan dirangkum sebagai berikut:

1. Kisah Rumini

Rumini (28) saat itu tinggal bersama neneknya, Salamah (71), yang sudah tidak mampu berjalan. Saat Gunung Semeru meletus, Rumini dihadapkan dengan pilihan untuk melarikan diri atau tinggal bersama sang nenek.

Rumini pun akhirnya memilih tinggal dan memeluk sang nenek di dapur. Keduanya ditemukan tewas, di mana Rumini terlihat sedang memeluk neneknya itu.

2. Sempat Dikira Ibunya

Sejumlah warganet menduga bahwa Salamah merupakan Ibu dari Ruminih. Namun, seorang warganet yang merupakan teman dari adik Rumini, membantah hal ini.

Baca juga: Rumini dan Ibunya Meninggal Berpelukan Terkena Erupsi Semeru, Gus Miftah Kirim Doa Terbaik

"Iya mas. Neneknya, kebetulan juga adik dari Rumini yang sempat kami temui adalah mahasiswa kami di IAIS Lumajang," ungka skin @q_ibad di Twitter.

3. Tribute untuk Rumini

Banyak warganet yang merasa terharu setelah mendengar kisah Rumini. Tidak sedikit dari mereka yang menganggap Rumini sebagai sosok teladan dan patut ditiru oleh masyarakat Indonesia.

Sejumlah akun TikTok berbondong-bondong membuat tribute untuk Rumini. Mulai dari akun @Tata Zie yang membuat ilustrasi Rumini berpelukan dengan sang nenek, hingga akun @icha yang menceritakan ulang kisah Rumini.

4. Doa dari Gus Miftah

Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih dikenal Gus Miftah, pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman-Yogyakarta, pun memberikan doa terbaik untuk Rumini dan neneknya Salamah

"Tidak ibu, raga ini bisa lari tapi hati ini nggak bisa, saya tidak tega meninggalkan ibu sendirian (Mbak Rumini)," tulis Gus Miftah kepada Rumini dan Salamah di akun Instagram pribadinya @gusmiftah, Rabu (8/12/2021).

5. Kisah di Balik Erupsi Gunung Semeru

Erupsi Gunung Semeru menyisakan banyak kisah memilukan dan mengharukan. Di antaranya terekam oleh kamera dan diunggah ke media sosial.

Beberapa waktu lalu, ditemukan seekor kucing selamat dari lahar panas, dan terlihat sedang berada di atas rumah pemiliknya. Kemarin, ditemukan sebuah Masjid bisa bertahan kokoh kala bangunan lain luluh lantah akibat peristiwa ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini