Share

Daftar 4 Kasus Pelecehan di Kampus, saat Bimbingan Skripsi hingga Berkemah

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 09 Desember 2021 07:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 337 2514085 daftar-4-kasus-pelecehan-di-kampus-saat-bimbingan-skripsi-hingga-berkemah-igHqcgXObv.jpg Ilustrasi (Foto: employment lawyer toronto)

PELECEHAN seksual merupakan segala tindakan seksual yang tidak diinginkan, baik secara fisik maupun lisan, yang membuat seseorang merasa tersinggung atau terintimidasi. 

Tidak kejahatan seksual ini dapat terjadi di mana saja dan kapan saja, termasuk di lembaga pendidikan, oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Melansir berbagai sumber, berikut adalah beberapa kasus pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan kampus: 

• Palembang, Sumatera Selatan

Seorang mahasiswi berinisial DR (22) menjadi sorotan karena mengaku menjadi korban pelecehan seksual oleh dosen pembimbingnya di Universitas Sriwijaya.

Baca Juga: Membawa Tongkat, Seorang Ayah Jalan Kaki dari Semarang ke Mabes Polri Cari Keadilan untuk Putrinya

Melansir Sindonews, melalui postingan yang diunggah ke sebuah akun Twitter pada Senin 27 September 2021, mahasiswi tersebut mengaku mendapat perlakuan tidak pantas saat sedang melakukan konsultasi skripsi. Dosen tersebut menanyakan alasan mengapa si mahasiswi terlambat menyelesaikan skripsinya.

Setelah menceritakan alasannya, dosen tersebut melakukan tindakan asusila kepadanya dengan cara dipegang, dipeluk, bahkan dicium. Usai kejadian, ia meminta mahasiswi tersebut agar tidak menceritakan kejadian ini kepada siapa pun.

• Pekanbaru, Riau 

Mahasiswi Universitas Riau membuat sebuah video berdurasi 13 menit 26 detik untuk memberikan pengakuan atas dugaan pelecehan seksual oleh oknum dekan di kampusnya. Mahasiswi Hubungan Internasional ini mengaku dilecehkan saat sedang melakukan bimbingan skripsi pada Rabu 27 Oktober 2021.

Baca Juga: Duh! Dosen UNJ Diduga Lakukan Pelecehan Seksual ke Mahasiswi

Awalnya, bimbingan berjalan lancar. Namun, sang dekan mulai melakukan perbuatan aneh seperti mengatakan ‘I love you’, mencium pipi dan kening, serta mencoba mencium bibir korban. Saat mahasiswi tersebut mencoba mencari dukungan lewat video unggahan tersebut. Namun, sang dosen malah menyalahkan mahasiswi itu.

• Mojokerto, Jawa Timur

Seorang mahasiswi berinisial NWR (23) ditemukan bunuh diri di makam ayahnya. Melansir berbagai sumber, ia ternyata pernah mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh seniornya di universitas tempat NWR menuntut ilmu.

NWR sendiri merupakan mahasiswi jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya angkatan 2016. Ia melaporkan tindak pelecehan seksual yang dilakukan seniornya ini pada Januari 2020. Setelah melakukan pemeriksaan, RAW dinyatakan bersalah serta telah dijatuhkan sanksi serta pembinaan terkait hal ini.

• Tulungagung, Jawa Timur 

Mahasiswi IAIN Tulungagung dikabarkan mengalami pelecehan seksual saat hendak berkemah di lereng Gunung Wilis, Kediri. Mahasiswi tersebut dikabarkan digerayangi dan dipaksa untuk melayani nafsu bejat pelaku. Dalam lingkup kampus sendiri, keduanya terlibat hubungan senior-junior.

Meskipun laporan mengenai pelecehan seksual ini telah dilaporkan sejak 16 September 2020, pihak kampus baru merespons pada tanggal 1 Oktober 2020. Setelah adanya laporan ini, mahasiswi lain yang diduga menjadi korban pelecehan turut bermunculan.

Dilansir dari berbagai sumber/Andin Danaryati/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini