Ungkap Penyebab Banjir Sintang, Presiden Jokowi: Kerusakan Daerah Aliran Sungai

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 08 Desember 2021 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 337 2513830 ungkap-penyebab-banjir-sintang-presiden-jokowi-kerusakan-daerah-aliran-sungai-Z9uxNVi10O.jpg Presiden Jokowi tinjau korban banjir Sintang (Foto: BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi banjir Sintang, Kalimantan Barat, Rabu (8/12/2021). Kepala Negara meninjau pembangunan infrastruktur untuk mengatasi banjir di wilayah tersebut.

"Kita meninjau pembangunan infrastruktur dalam rangka maengatasi banjir, ini dalam jangka pendeknya yaitu dengan membuat tanggul dari geotube yang diisi pasir yang kita harapkan dalam jangka pendek bisa mengurangi banjir yang ada," ucapnya dilihat dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

"Tetapi dalam jangka menengah dan panjang memang ini terjadi, pertama memang adanya hujan yang ekstrem, tapi yang kedua yang ini perlu kita atasi adalah kerusakan daerah aliran sungai, kerusakan catchment area daerah tangkapan hujan, inilah yang juga akan kita siapkan untuk dikerjakan yaitu penanaman kembali, penanaman pohon, penghutanan kembali daerah-daerah yang berada di sekitar sungai Kapuas maupun sungai Melawi," sambung dia.

Jkw 2

Jokowi berharap upaya yang dikerjakan pemerintah itu bisa memperbaiki area yang menjadi langganan banjir. Mulai dari memperbaiki daerah aliran sungai (DAS) utamanya di daerah hulu.

Baca juga: Bertolak ke Kalbar, Jokowi Berikan Bansos untuk Korban Banjir Sintang

"Saya akan perintahkan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta perusahaan-perusahaan swasta besar yang ada di sini untuk membuat nursery, persemaian sehingga penghutanan kembali itu betul-betul bisa bisa berjalan," pungkas dia.

Baca juga: Setelah Kunjungi Korban Erupsi Semeru, Jokowi Akan Tinjau Banjir Sintang

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini