BNPB: Hujan Lebat Akibatkan Banjir yang Berdampak pada 34 KK di Wonogiri

Tim Okezone, Okezone · Rabu 08 Desember 2021 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 337 2513794 bnpb-hujan-lebat-akibatkan-banjir-yang-berdampak-pada-34-kk-di-wonogiri-TB45Vc2VGk.jpg Banjir melanda di Wonogiri (Foto: Humas BNPB)

JAKARTA – Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan debit air tak tertampung pada Sungai Wiroko sehingga banjir tak dapat dihindari di wilayah Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Genangan juga disebabkan Sungai Dimoro yang elevasinya lebih rendah tidak mampu mengakomodasi luapan debit air sungai.

Peristiwa yang terjadi pada Senin 6 Desember 2021, pukul 15.00 WIB berdampak pada 34 Kepala Keluarga (KK). Warga terdampak mengungsi ke rumah kerabat atau pun tetangga untuk sementara waktu. Tidak ada korban jiwa akibat insiden ini, di samping itu sejumlah rumah dan akses jalan Kecamatan Nguntoronadi – Tirtomoyo serta jalan dusun terdampak genangan.

Merespons kejadian ini, warga masyarakat yang dibantu relawan membantu warga lain yang terdampak genangan, seperti pendistribusian makanan. Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri dan pihak desa serta kecamatan telah menyediakan bantuan logistik. BPBD yang dibantu TNI dan Polri juga menyiagakan personel dan peralatan apabila kondisi banjir meningkat dan membutuhkan evakuasi warga.

"Laporan BPBD setempat melaporkan banjir terjadi pada 4 desa di 2 kecamatan, yaitu Kelurahan Tirtomoyo dan Desa Tanjungsari di Kecamatan Tirtomoyo, dan Desa Kulurejo dan Desa Bulurejo di Kecamatan Nguntoronadi," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: Banjir Rob Manado: 113 Jiwa Terdampak

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG pada hari ini, wilayah Wonogiri masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Sedangkan pada esok, pantaun cuaca berpeluang berawan hingga hujan ringan.

Baca juga: Banjir Soppeng Sulsel: Satu Meninggal, 5.786 KK Terdampak

Mewaspadai kondisi cuaca selama musim hujan ini, pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Mengantisipasi dampak banjir yang lebih buruk, pemerintah daerah diharapkan dapat menyiapkan tempat evakuasi sementara dan penerapan protokol kesehatan apabila terjadi pengungsian.

Baca juga: Heroik! Aksi Polisi Bentuk Formasi Perisai Evakuasi Warga dari Arus Deras Banjir

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini