Share

5 Pusaka Sakti Sunan Kalijaga, Nomor 3 Digunakan Melawan Nyi Roro Kidul

Mohammad Adrianto S, Okezone · Rabu 08 Desember 2021 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 337 2513775 5-pusaka-sakti-sunan-kalijaga-nomor-3-digunakan-melawan-nyi-roro-kidul-DgC2CNGJGD.jpg Sunan Kalijaga/ ist

JAKARTA – Sunan Kalijaga merupakan salah satu tokoh Wali Songo yang dikenal memiliki sejumlah benda pusaka sakti. Beberapa benda ini keberadaannya masih ada dan terjaga dengan baik.

(Baca juga: Kisah Sunan Kalijaga Mengubah Tanah Jadi Emas dan Beras Jadi Pasir)

Benda-benda peninggalan Sunan Kalijaga diketahui memiliki berbagai macam fungsi, mulai dari berdakwah hingga bertempur.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut 5 peningggalan sakti milik Sunan Kalijaga

1. Api Abadi Mrapen

Sempat diguanakan untuk menjadi properti dalam Pesta Olahraga Asia, Api Abadi Mrapen dikenal sebagai api yang tidak pernah padam, termasuk ketika dihantam hujan maupun badai. Konon, Sunan Kalijaga menancapkan tongkat untuk mencari mata asir, dan ternyata keluarlah api ini.

(Baca juga: Kisah Sunan Bonang Ubah Buah Aren Jadi Bongkahan Emas)

2. Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda merupakan sumur yang berfungsi untuk mencari sumber air untuk wudu para wali. Sumur ini juga kabarnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

3. Rompi Ontokusumo

Rompi ini konon merupakan salah satu pakaian yang Sunan Kalijaga kenakan kala bertarung melawan Nyai Roro Kidul. Sunan Kalijaga sendiri mendapatkan Rompi Ontokusumo kala mengkhatamkan Alquran.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

 

4. Keris Kiai Caburuk

Keris Kiai Caburuk ini dibuat oleh Mpu Supa Mandragi. Diketahui, Sunan Kalijaga menggunakan Keris ini untuk mengalahkan kesaktian keris Setan Kober milik Arya Panangsang saat terjadi pemberontakan di Mataram.

5. Batu Bobot

Terletak tidak jauh dari Api Abadi Mrapen, Batu Bobot merupakan batu yang berat dan sulit diangkat. Siapapun yang berhasil mengangkat batu ini, niscaya keinginannya akan dikabulkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini