Gayatri Rajapatni, Sosok Wanita Cantik di Balik Mengguritanya Kerajaan Majapahit

Mohammad Adrianto S, Okezone · Rabu 08 Desember 2021 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 337 2513767 sosok-wanita-cantik-di-balik-mengguritanya-kerajaan-majapahit-9nKnWLTPlA.jpg Sosok wanita di balik kejayaan majapahit/ist

JAKARTA – Gadjah Mada merupakan salah satu Panglima Besar di balik kesuksesan Kerajaan Majapahit dalam mempersatukan Indonesia. Tangan dinginnya berhasil membuat kerajaan bercorak Budha tersebut amat ditakuti di masa lampau.

(Baca juga: Gayatri Rajapatni, Kisah Kecantikan Putri Majapahit Bagai Cleopatra)

Di balik keperkasaan Gadjah Mada, terdapat seorang wanita cantik yang berpengaruh dalam kehidupannya. Dia adalah Gayatri Rajapatni.

Seorang Sejarawan bernama Earl Drake menekankan betapa vitalnya peran Gayatri Rajapatni dalam kesuksesan Kerajaan Majapahit. Dirinya lah yang berperan menjalankan politik dalam kerajaan ini.

(Baca juga: Pengkhianatan Pejabat Majapahit Berujung Serangan ke Lumajang)

Semasa hidupnya, Gayatri Rajapatni telah mengalami peristiwa buruk. Mulai dari Kerajaan Singasari, kerajaan asalnya, diserbu tentara Mongol, ditangkap Jayakatwang, hingga terlibat hubungan gelap dengan iparnya, Wijaya.

Bersama dengan putrinya, Tribhuwana Tunggadewi, ketiganya beserta Gadjah Mada berhasil membuat sejumlah keputusan krusial yang berpengaruh kepada kemajuan Kerajaan Majapahit. Dirinya bahkan diketahui tidak pernah membuat satu kesalahan pun.

Kedigdayaan Gayatri Rajapatni terbukti amat berpengaruh. Setelah dirinya meninggal, Kerajaan Majapahit mengalami kemunduran dan dibantai oleh utusan Sunda.

Meskipun dikenal sebagai sosok yang memimpin kerajaan, Gayatri Rajapatni tidak pernah secara langsung memimpin Kerajaan Majapahit. Dirinya lebih memilih untuk menjadi bikuni di puncak kekuasaan.

Oleh karena itu, namanya kurang terdengar dalam sejarah Kerajaan Majapahit. Hal ini diperburuk dengan syair epik kerajaan yang sempat hilang terjemahannya, berisikan kontribusi Gayatri Rajapatni.

12 tahun setelah meninggalnya Gayatri Rajapatni, Hayam Wuruk kerap mengadakan pesta untuk menghormati jasa dari wanita ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini