Menlu Retno: WHO Sampaikan Omicron Terdeteksi di 45 Negara

Dominique Hilvy Febiani, MNC Media · Rabu 08 Desember 2021 07:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 337 2513636 menlu-retno-who-sampaikan-omicron-terdeteksi-di-45-negara-E8JVLXZmJz.jpeg Menlu RI, Retno Marsudi (foto: okezone)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi memimpin pertemuan COVAX AMC Engagement Group dalam pertemuan USAID Development Ministers on Covid-19, pada Senin 6 Desember 2021.

“Saya bersama Menteri Kesehatan Ethiopia dan Menteri Kerja Sama Pembangunan Kanada kembali memimpin pertemuan COVAX AMC EG,” kata Retno dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: Varian Omicron Rusak Rencana Perjalanan, Lebih 200 Ribu Orang Batal Liburan!

Beberapa isu utama yang dibahas diantaranya adalah kemajuan kerja COVAX selama setahun ini dan update mengenai varian baru Omicron.

“COVAX telah mengirimkan sekitar 611 juta vaksin kepada 144 negara partisipan, sekitar 53% dari target 950 juta dosis vaksin di tahun 2021,” tuturnya.

Baca juga:  Klaim Nol Kasus Covid-19, Korut Peringatkan Warganya Tentang Varian Omicron

Retno mengatakan, saat ini tantangan utama vaksinasi adalah kesiapan penerimaan vaksin dan vaksinasi khususnya di negara berkembang setelah pasokan vaksin telah tersedia lebih banyak.

“Kapasitas negara penerima vaksin COVAX harus diperkuat, termasuk infrastruktur vaksinasi,” ujarnya.

 

Retno turut memaparkan update terkini terkait varian Omicron. “Terkait dengan varian Omicron, WHO sampaikan hingga 5 Desember 2021, mendeteksi setidaknya telah terjadi di 45 negara,” ucapnya.

Selain itu, Retno berkata, menurut data awal yang dikumpulkan WHO menyebutkan belum ada kesimpulan yang konklusif terkait tingkat penularan dan tingkat keparahan, termasuk tingkat hospitalisasi varian Omicron.

“WHO menambahkan walaupun di Afrika Selatan menunjukkan adanya peningkatan tingkat hospitalisasi, namun belum bisa disimpulkan ini adalah akibat varian Omicron.

WHO mengatakan akan terus melakukan penelitian terhadap varian ini,” pungkasnya.

Retno berujar, WHO terus menyampaikan pentingnya melakukan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan selalu mencuci tangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini