Erupsi Gunung Semeru, Operasi Pencarian Korban Hilang Ditargetkan 1 Minggu

Carlos Roy Fajarta, · Selasa 07 Desember 2021 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 337 2513551 erupsi-gunung-semeru-operasi-pencarian-korban-hilang-ditargetkan-1-minggu-fGy1baSvGO.jpg Erupsi Gunung Semeru (Foto: Ist)

JAKARTA - Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) di bawah koordinasi Basarnas ini menargetkan waktu pencarian korban erupsi Gunung Semeru selama satu minggu. Hingga saat ini, korban meninggal akibat erupsi Gunung Semeru ada 34 orang.

Komandan Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas Guguran Gunung Semeru, Irwan Subekti menyebutkan pada hari ke-empat paska erupsi Gunung Semeru, tim SAR gabungan masih melakukan operasi pencarian warga hilang. Irwan Subekti yang juga menjadi menyampaikan korban yang masih dinyatakan hilang berjumlah 22 orang.

Baca Juga: Bikin Haru, Ilustrasi Rumini dan Ibunya Korban Semeru yang Meninggal Berpelukan Viral

Upaya pencarian difokuskan di Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh dan wilayah Desa Curah Kobokan. Lebih lanjut dalam operasi pencarian, Irwan mengatakan tim gabungan sangat memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan di lapangan

“Pencarian pagi hingga sore dengan memperhatikan cuaca di Lumajang. Hampir setiap hari, setiap sore rata-rata turun hujan. Upaya pencarian sangat dipengaruhi kondisi hujan di lapangan,” tambah Irwan Subekti.

Upaya pencarian warga yang masih dinyatakan hilang akan mengoptimalkan kemampuan para personel di lapangan, yang juga dibantu dengan alat berat.

"Tingkatkan kewaspadaan terhadap kondisi material vulkanik yang masih panas dan kondisi hujan di puncak gunung agar terhindar dari banjir lahar dingin," pungkasnya. 

Baca Juga:  Listrik 28.041 Rumah Terdampak Erupsi Gunung Semeru Sudah Menyala

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini