Kebijakan PPKM Level 3 saat Nataru Dibatalkan, Kemenkes: Tetap Ada Pembatasan

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 07 Desember 2021 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 337 2513311 kebijakan-ppkm-level-3-saat-nataru-dibatalkan-kemenkes-tetap-ada-pembatasan-f8YzA4YcqH.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan akan membatalkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) di seluruh Indonesia.

Merespon hal ini, Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah tetap melakukan pembatasan mobilitas.

“Pemerintah walaupun tadi pagi Pak Luhut mengatakan bahwa akan ada penundaan PPKM level 3, tapi tetap ada pembatasan-pembatasan mobilitas kita di akhir Natal dan Tahun Baru ini,” katanya dalam dialog secara virtual, Selasa (7/12/2021).

Apalagi, kata Nadia, saat ini pandemi belum selesai meskipun kasus konfirmasi positif Covid-19 di Tanah Air terus mengalami penurunan.

“Pandemi ini belum selesai ya, kalau kita lihat kemarin konfirmasi positif hanya 130 ya karena kemarin sempat juga banyak informasi-informasi yang mengatakan kasus kita sampai 400-an. Padahal kemarin yang kita laporkan itu sekitar 130 dan cenderung minggu ini kita melihat penurunannya antara 200-300 kasus yang dilaporkan per hari,” jelasnya.

“Kematian yang dilaporkan adalah 9 dan kemarin selama satu minggu rata-rata 8-10. Dan angka positif kita itu terus turunnya walaupun 0,02 digit ya, kita tahu 0,19 kemudian 0,17 dan saat ini 0,13 angka positif kita,” paparnya.

Nadia mengatakan meski laju penularan sangat rendah, masyarakat harus tetap waspada. “Jadi kalau kita lihat laju penularannya sudah sangat rendah saat ini. Tapi tetap kita harus waspada,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini