Share

Tinjau Erupsi Semeru, Presiden Jokowi: Seluruh Rakyat Indonesia Berduka

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 07 Desember 2021 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 337 2513217 tinjau-erupsi-semeru-presiden-jokowi-seluruh-rakyat-indonesia-berduka-s38nvcb0ow.jpg Jokowi kunjungi pengungsi erupsi Gunung Semeru. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam saat meninjau lokasi erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). Duka cita terutama kepada korban meninggal akibat bencana alam ini.

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur," ucapnya dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Berdasarkan informasi, Jokowi meninjau lokasi erupsi Gunung Seru. Ia meninjau infrastruktur hingga titik-titik pengungsian warga. Selain menemui pengungsi, Kepala Negara juga melihat dapur umum, meninjau posko pelayanan kesehatan, bertemu anak-anak, dan menyerahkan santunan kepada ahli waris korban meninggal.

Baca juga: Kunjungi Pengungsi Erupsi Semeru, Jokowi Bagikan Makanan hingga Serahkan Santunan

Jokowi menuturkan, kedatangan dirinya ke lokasi erupsi Semeru guna memastikan penanganan tanggap darurat berjalan dengan baik. Ia juga ingin memastikan petugas gabungan beserta kekuatan relawan lainnya sudah berada di lapangan untuk mencari korban yang hilang ataupun yang masih bisa diselematkan.

"Saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada, kemudian juga evakuasi, juga ini kita lihat unyuk rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan gunung Semeru ini," tuturnya.

Turut mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.

Hadir pula Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP)/Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq. (qlh)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini