Share

Misteri Gunung Semeru: Pasak Bumi di Tanah Jawa hingga Pembawa Petaka

Mohammad Adrianto S, Okezone · Selasa 07 Desember 2021 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 337 2513142 misteri-gunung-semeru-pasak-bumi-di-tanah-jawa-hingga-pembawa-petaka-BeQK5Eu3mn.jpg Gunung Semeru meletus/ okezone

LUMAJANG - Peristiwa meletusnya Gunung Semeru Sabtu (4/12) menjadi salah satu peristiwa yang memilukan di akhir tahun 2021. Setidaknya 22 korban ditemukan tewas karena erupsi gunung berapi tertinggi di Jawa Timur tersebut.

(Baca juga: Mengenang Soe Hok Gie dan Idhan Lubis yang Meninggal Dalam Dekapan Semeru)

Gunung Semeru digambarkan di mitos rakyat Jawa sebagai "Mahameru". Sebagian orang mempercayai kesakralan gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut.

(Baca juga: TNI AL Berikan Trauma Healing untuk Anak-Anak Korban Letusan Semeru)

Salah satunya adalah mitos Gunung Semeru bagian puncak dari Gunung Meru di India. Dalam kisah ini, dipercayai Dewa Brahma dan Dewa Wisnu ke Tanah Jawa, dan menjadikan Gunung Semeru sebagai pasak bumi.

Sebelum Gunung Semeru dijadikan pasak, konon lautan dan samudera membuat Pulau Jawa terombang-ambing. Keberadaan Gunung Semeru mampu menstabilkan Pulau Jawa ini.

Gunung Semeru juga diceritakan menjadi tempat bersemayam para Dewa. Banyak masyarakat Hindu yang melakukan upakara (upacara) dan membawa sesaji kepada dewa-dewa di Gunung Semeru.

Tidak hanya itu, Gunung Semeru dianggap sejumlah masyarakat sebagai pembawa bencana jika sedang terjadi erupsi, dan akan membawa penderitaan ke masyarakat.

Kedudukan Gunung Semeru dianggap sama tingginya dengan kailasa (India) atau Gunung Agung di Bali. Puncak Gunung Semeru dipercaya sebagai istana Dewa Siwa, di mana dirinya bertapa.

Dalam Kitab Tantu Panggelaran, sebelum Gunung Semeru ditancapkan, lautan dan samudera membuat Pulau Jawa terombang-ambing.

Sebagai penekan agar menyatu dengan daratan maka Gunung Semeru didatangkan sebagai pasak bumi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini