Share

Novel Baswedan dan 43 Mantan Pegawai KPK Jalani Asesmen ASN Polri Hari Ini

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 07 Desember 2021 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 337 2513072 novel-baswedan-dan-43-mantan-pegawai-kpk-jalani-asesmen-asn-polri-hari-ini-ucG2oc3408.jpg Novel Baswedan (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Novel Baswedan bersama 44 mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lainnya menjalani asesmen atau uji kompetensi dalam rangka perekrutan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kepolisian Republik Indonesia (Polri), hari ini, Selasa (6/12/2021).

"Ya hari ini ada asesmen kompetensi. Kalau soal tupoksi belum dibahas," kata mantan Penyelidik KPK, Aulia Postiera saat dikonfirmasi, Selasa (7/12/2021).

Uji kompetensi terhadap para mantan pegawai KPK yang bakal bergabung menjadi ASN Polri digelar di Gedung Transnasional Crime Center (TNCC) Mabes Polri, Jakarta. Proses asesmen ini dikabarkan sebagai rujukan penempatan posisi para mantan pegawai KPK di Polri.

Sekadar informasi, sebanyak 44 dari 57 mantan pegawai KPK yang tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) menyatakan setuju untuk bergabung menjadi ASN Polri. Sementara delapan orang lainnya, memutuskan menolak. Sedangkan sisanya, hingga kini belum memberikan jawaban.

Baca Juga : Novel Baswedan Sebut Kapolri Tunjukan Semangat Sikat Koruptor

Sejumlah mantan pegawai KPK yang menyatakan sikap untuk tidak bergabung menjadi ASN Polri yaitu, Rieswin Rachwell; Lakso Anindito; Rasamala Aritonang; Tri Artining Putri; Tata Khoiriyah; serta Benydictus Siumlala. Aulia menghormati keputusan rekan-rekannya tersebut.

"Kepada kawan-kawan terbaik yang memilih jalan perjuangan lain: @RasamalaArt @arti_put @BSiumlala @tatakhoiriyah @niwseir @laksoanindito, saya mendoakan semoga diberikan kemudahan hidup dan kesuksesan di masa depan. Perjuangan kita belum selesai. Kita tetap satu 57 yg anti-korupsi!," kata Aulia melalui akun Twitter pribadinya @paijodirajo.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Proses uji kompetensi mantan pegawai KPK tersebut termaktub dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 15 Tahun 2021. Terdapat poin yang berisikan tentang syarat ataupun proses pengangkatan khusus bagi 57 mantan pegawai KPK sebagai ASN di Korps Bhayangkara.

Di mana, dalam Pasal 4 Perpol tersebut menjelaskan bahwa seleksi kompetensi dilakukan untuk mengetahui dan menilai kesesuaian dan kemampuan 57 mantan pegawai KPK dengan formasi yang dibutuhkan Polri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini