Mitos 5 Gunung Berapi di Tanah Jawa

Tim Okezone, Okezone · Selasa 07 Desember 2021 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 337 2513069 mitos-5-gunung-berapi-di-tanah-jawa-HNoQA2gPa1.jpg Erupsi Gunung Semeru (Foto: istimewa)

JAKARTA - Erupsi Gunung Semeru menghebohkan masyarakat. Gunung yang juga dikenal sebagai Mahameru adalah gunung berapi yang lekat dengan mitos rakyat Jawa.

Gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl ini, dipercaya sebagai tempat tinggal dewa-dewa. Di Pulau Jawa sejumlah gunung berapi dikenal dengan berbagai mitosnya.

1. Gunung Semeru

Seperti mitos Gunung Simeru dibawa Dewa Brahma dan Dewa Wisnu. Gunung Semeru dipercaya sebagai bagian puncak dari Gunung Meru di India yang dibawa oleh Dewa Brahma dan Dewa Wisnu ke Tanah Jawa untuk dijadikan pasak bumi. Kisah itu termuat dalam Kitab Tantu Panggelaran.

Baca juga: 5 Mitos dan Misteri Gunung Semeru, Ramalan Pulau Jawa Terbelah hingga Kisah Penunggunya

Mitos lainnya di Semeru sebagai tempat bersemayam para dewa. Puncak Mahameru dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para Dewa Hindu dan menjadi penghubung antara Bumi dan Kahyangan.

Kemudian mitos Pulau Jawa akan terbelah yang ditandainya dengan adanya letusan di Gunung Semeru. Peristiwa itu akan membawa penderitaan bagi rakyat, seperti yang diramalkan Jayabaya.

Baca juga: Mitos Letusan Gunung Semeru: Pertanda Bencana dan Ramalan Jayabaya

Kemudian mitos penunggu Ranu Kumbolo di mana masyarakat sekitar percaya keberadaan dewi berpakaian kebaya kuning di Ranu Kumbolo. Para pengunjung dilarang mandi, mencuci, memancing, bahkan mendirikan tenda dengan jarak 10 meter dari bibir danau.

2. Gunung Slamet

Selain Semeru, Gunung Slamet yang berada di lima kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Brebes, Banyumas, Purbalingga, Pemalang, dan Tegal juga dikenal dengan mitosnya. Gunung ini berada nyaris di tengah-tengah antara pantai utara dan selatan Jawa. Cerita ini sudah lama berkembang di warga Banyumas dan sekitarnya yang dikaitkan dengan ramalan Jayabaya. Mereka meyakini mitos yang menyebutkan Pulau Jawa akan terbelah jika Gunung Slamet meletus.

3. Gunung Merapi

Gunung Merapi di Yogyakarta dan Jawa Tengah juga memiliki berbagai cerita mitosnya. Gunung Merapi diyakini mempunyai penunggu seperti Eyang Antaboga, Eyang Sapujagad, Eyang Megantara, Kartadimejo, serta Eyang Rama dan Permadi.

Masyarakat sekitar mempercayai bahwa peristiwa meletusnya Gunung Merapi berkaitan dengan amarah sosok-sosok penunggu Gunung Merapi yang kecewa dengan keadaan saat ini.

Masyarakat sekitar mempercayai bahwa peristiwa meletusnya Gunung Merapi berkaitan dengan amarah sosok-sosok penunggu Gunung Merapi yang kecewa dengan keadaan saat ini.

Baca juga: Gemuruh Gunung Slamet, Bertanda Munculnya Satrio Wirang?

4. Gunung Galunggung

Mitos gunung berapi di Tanah Jawa lainnya adanya Mitos Kera Raksasa penghuni Gunung Galunggung. Di gunung itu diyakini adanya kerajaan gaib dari kera-kera tersebut. Warga di sekitar selalu menjaga kelestarian alam agar mengindari amarah dari kerajaan gaib dari kera.

5. Gunung Kelud

Gunung Kelud diyakini dengan mitosnya sebagai kuburan dari keris Mpu Gandring. Masyarakat sekitar juga meyakini mitos dari Dewi Kili Suci dan Mahesasura, si manusia berkepala kerbau.

Legenda Dewi Kili dan Mahesasura konon dihubungkan dengan terciptanya Gunung Kelud. Konon semasa muda Kili Suci dilamar oleh Mahesasura. Kili bersedia menerima lamaran itu asalkan Mahesasura mampu membuatkannya sebuah sumur raksasa.

Baca juga: Misteri Letusan Gunung Slamet Bikin Pulau Jawa Terbelah Dua Bagian

Sumur raksasa pun tercipta berkat kesaktian Mahesasura. Namun sayang, Mahesasura jatuh ke dalam sumur itu karena dijebak Kili Suci. Para prajurit Kadiri atas perintah Kili Suci menimbun sumur itu dengan batu-batuan sehingga terciptalah Gunung Kelud.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini