Share

BNPB: 985 Personel Gabungan Dikerahkan Tangani Darurat Pasca-Erupsi Gunung Semeru

Carlos Roy Fajarta, · Senin 06 Desember 2021 22:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 337 2512953 bnpb-985-personel-gabungan-dikerahkan-tangani-darurat-pasca-erupsi-gunung-semeru-geCbmVls0X.jpg Petugas gabungan tengah evakuasi korban erupsi gunung semeru (foto: dok Basarnas)

JAKARTA - Pascaerupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu lalu (4/12/2021), lebih dari 900 personel gabungan terlibat dalam operasi penanganan darurat di bawah kendali pos komando (posko) BNPB.

Awan panas guguran Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, mengakibatkan jatuhnya korban jiwa warga yang berada di sekitar lereng gunung.

Baca juga:  Besok, Basarnas Akan Sisir 3 Area di Kawasan Erupsi Semeru

Data yang dihimpun oleh Pusat Pengendalian Operasi BNPB pada hari ini, Senin (6/12/2021), jumlah personel gabungan mencapai 985 orang.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebutkan pihaknya terus fokus untuk mencari warga yang diduga masih hilang akibat dampak erupsi gunung Semeru.

Baca juga: Hari Ini, Basarnas Evakuasi 5 Jenazah Korban Erupsi Gunung Semeru

"Para personel melakukan berbagai upaya penanganan darurat yang saat ini memfokuskan pada pencarian dan evakuasi serta pelayanan dasar warga terdampak," ujar Abdul Muhari, Senin (6/12/2021).

Selain personel, sejumlah peralatan diterjunkan untuk membantu proses pencarian warga yang diduga masih hilang.

"BNPB menyiagakan 3 unit helikopter dan Palang Merah Indonesia (PMI) mendorong 2 unit hagglund yang dapat menembus medan berat di lokasi terdampak material vulkanik," ungkap Abdul Muhari.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini