Cari Korban Hilang Akibat Erupsi Gunung Semeru, Basarnas Kerahkan 4 Tim

Jonathan Simanjuntak, MNC Portal · Senin 06 Desember 2021 20:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 337 2512917 cari-korban-hilang-akibat-erupsi-gunung-semeru-basarnas-kerahkan-4-tim-r7o4Gzpd9g.jfif Kondisi pasca erupsi Gunung Semeru. (BNPB)

JAKARTA - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) mengirimkan 4 tim untuk mencari korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sebanyak 4 tim tersebut juga dipastikan telah bergabung dengan unsur lainnya di posko tanggap darurat.

“Dari Basarnas sendiri sudah terkirim sebanyak 4 tim. Tiga dari Surabaya dan satu dari Lumajang,” ucap Dirops Basarnas Brigadir Jenderal TNI Wurjanto, dalam keterangan pers disiarkan kanal Youtube BNPB Indonesia, Senin (06/12/2021).

Wurjanto menambahkan, saat ini tim Basarnas telah membantu korban yang berada di tempat pengungsian. Namun, ia menjelaskan, fokus utama Basarnas untuk melaksanakan proses pencarian.

“Namun, terutama nanti akan kami (Basarnas) fokuskan kepada pencarian terhadap korban-korban dimungkinkan masih belum ketemu,” ujarnya.

Hal ini mengingat, pada kondisi di lapangan sendiri masih terdapat informasi adanya korban hilang. Wurjanto mengatakan bahwa secara teknis unsur SAR akan dibagi kembali dalam tim dalam rangka pencarian.

“Kita akan laksanakan pencarian tentunya, kita bagi sektor. Dari kita sudah cukup banyak yang tergabung dengan unsur SAR,” katanya.

Baca Juga : Besok, Jokowi Tinjau Dampak Erupsi Gunung Semeru di Lumajang

“Mudah-mudahan cuaca cukup baik, sehingga kita lebih mudah dalam menjangkau daerah-daerah yang perlu kita sisir,” tuturnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari melaporkan jumlah korban meninggal akibat erupsi Gunung Semeru sebanyak 22 orang. Sementara itu, 27 orang lainnya masih dinyatakan hilang.

“Dari update data pukul 17.30 WIB, jumlah korban meninggal yang dilaporkan oleh Pusdalops BNPB itu 22 orang,” ucap Abdul, Senin (6/12/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini