Share

Awas! Banjir Lahar dan Awan Panas Gunung Semeru Masih Akan Terjadi

Arif Budianto, Koran SI · Senin 06 Desember 2021 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 337 2512713 awas-banjir-lahar-dan-awan-panas-gunung-semeru-masih-akan-terjadi-B20G2t58J9.jpg Sisa-sisa letusan gunung semeru/ antara

BANDUNG – Masyarakat Lumajang diminta menjauhi area terdampak awan panas dan banjir lahar di sekitar Gunung Semeru. Pasalnya, masih ada potensi erupsi berupa guguran awan panas dan banjir lahar. Akibat letusan Gunung Semeru 15 warga meninggal dunia.

(Baca juga: Detik-detik Satu Keluarga Terjebak Letusan Dahsyat Gunung Semeru)

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Andiani mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menurunkan atau menaikkan status Gunung Semeru, masih tetap pada level 2 atau waspada.

(Baca juga: Penampakan Gunung Semeru dari Udara Pasca Meletus Hebat)

"Level masih tetap sama, waspada. Selama pengamatan 12 jam, kami mencatat masih ada erupsi pada pagi tadi. Walaupun erupsi yang terjadi hari ini menunjukkan terjadinya jarak luncur guguran awan panas antara 2,5 hingga 4 km," kata Andiani, Senin (6/12/2021).

Menurut dia, potensi terjadinya erupsi Gunur Semeru berupa guguran awan panas masih mungkin terjadi. Namun pihaknya belum bisa memprediksi kapan akan terjadi. Pihaknya hanya bisa melakukan pengamatan terhadap kejadian gempa vulkanik yang biasanya menjadi indikasi adanya aktivitas magma.

"Banjir lahar juga berpotensi masih bisa saja terjadi, karena di hulu masih ada material sisa erupsi kemarin. Apalagi ada potensi hujan di puncak dan sekitar gunung, sehingga akan membawa material ke hilir," beber dia.

PVMBG juga menghimbau, warga tetap menjauhi area terdampak sisa guguran awan panas dan lahar Sabtu, 4 Desember 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini