Share

Menkopolhukam Mahfud MD Minta Korupsi Jangan Dipandang Sebagai Budaya

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Senin 06 Desember 2021 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 337 2512652 menkopolhukam-mahfud-md-minta-korupsi-jangan-dipandang-sebagai-budaya-qIwHrCw8kT.jpg Menko Polhukam, Mahfud MD (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta agar korupsi tidak lagi dipandang sebagai budaya tapi sebagai kejahatan.

Hal tersebut disampaikan Mahfud dalam diskusi panel dengan tema Mewujudkan Sinergi Antar Aparat Penegak Hukum dan Instansi Terkait sebagai Counterpartner yang Kondusif dalam Pemberantasan Korupsi secara daring pada Senin (6/12/2021).

"Bahwa ada korupsi di Indonesia dan agak banyak gitu itu kejahatan, itu harus dipandang sebagai kejahatan bukan sebagai budaya," ujar Mahfud.

Mahfud menilao bahwa masyarakat Indonesia dikenal dengan kesantunannya, gotong royong dan malu jika berbuat hal yang tidak benar. Hal-hal tersebut sangat bertentangan dengan budaya korupsi.

"Oleh sebab itu korupsi itu harus diartikan sebagai kejahatan yang harus dilawan. Untuk itulah kita lalui sekarang membangun antitesinya, yaitu budaya anti korupsi bukan budaya korupsi," jelasnya.

Menurut Mahfud dari sudut pandang ilmu tidak ada yang namanya budaya korupsi. Karena menurutnya budaya itu definisinya, budaya itu hasil daya cipta rasa dan Karsa yang selalu melahirkan kebaikan budi.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

"Jadi kalau kalau kejahatan mencuri itu meskipun sering dilakukan orang itu bukan budaya karena itu keluar dari kejahatan budi, keluar dari bisikan hati nurani sehingga tidak mungkin kita percaya atau membiarkan kalau itu mulai tumbuh korupsi itu adalah budaya," ungkapnya.

Mahfud menjelaskan bahwa awal mula budaya korupsi muncul pada tulisan mantan Wakil Presiden Mohammad Hatta atau akrab disapa Bung Hatta. Dalam tulisanhya tahun 1974, Bung Hatta mengatakan bahwa di Indonesia ini korupsi sudah jadi budaya.

"Nah, Saya ingin mengatakan bahwa korupsi itu bukan budaya. Tidak mungkin kita percaya dan menghayati bahwa korupsi itu budaya. Bagi saya pernyataan Pak Hatta itu pernyataan yang mungkin untuk mengingatkan kita, jangan sampai menjadi budaya," kata Mahfud.

"Mungkin, Pak Hatta sudah melihat korupsi sudah merajalela di mana-mana gitu lalu, beliau putus asa (menyebut) korupsi jadi budaya. Tapi dari sudut ilmu, korupsi itu tidak boleh menjadi budaya dan tidak bisa menjadi budaya Indonesia. Karena apa, karena orang Indonesia itu punya budaya adiluhung adiluhung itu budaya unggul, budaya unggul yang antikorupsi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini