Share

Detik-Detik Satu Keluarga Terjebak Letusan Dahsyat Gunung Semeru

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Senin 06 Desember 2021 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 337 2512614 detik-detik-satu-keluarga-terjebak-letusan-dahsyat-gunung-semeru-KpS4Y3cYPd.jpg Gunung Semeru meletus/ ist

JAKARTA - Kisah haru akibat bencana letusan Gunung Semeru terus bermunculan di media sosial. Baru-baru ini seorang pengguna tiktok bernama Trio Marta Romadoni merekam detik-detik dirinya berpisah dengan keluarga saat peristiwa erupsi Gunung Merapi di akun tiktok pribadinya @triomartaromadoni.

(Baca juga: Penampakan Gunung Semeru dari Udara Pasca Meletus Hebat)

Diketahui sebelumnya Gunung Semeru telah mengeluarkan erupsi hebat yang mengakibatkan 15 orang meninggal dunia, pada Sabtu (4/11/2021) lalu.

Berdasarkan informasi yang didapat, Trio merupakan warga Gladak Perak yang berhasil menyelamatkan diri bersama ibunya namun terpisah dengan keluarganya yakni ayah dan kakanya yang masih tejebak di rumah.

Video yang diunggahnya dalam media sosial itu adalah hasil rekaman layar handphone saat dirinya melakukan komunikasi dengan keluarga yang terpisah via video call.

ist

Dalam hasil rekaman video tersebut setelah Trio berhasil menyelamatkan diri ia terlihat panik dan terus menghubungi kakaknya yang masih terjebak di lokasi saat peristiwa erupsi terjadi.

Berdasarkan keterangan video, kakaknya yang bernama Sugeng memberikan kabar terbaru tentang kondisinya dan ayahnya. Mereka baik-baik saja namun tidak bisa melakukan evakuasi diri.

"Ndang mudun mas, ati-ati, khawatir teko maning susulan (cepet turun mas, hati-hati, khawatir datang lagi susulan)," kata Trio sambil menahan tangis dan panik.

(Baca juga: Perindo Peduli Semeru Bergerak Salurkan Bantuan)

"Muduno nak, muduno le, alon-alon mlaku wae, muduno nak, iki caeh ngelompok kene, ambe bapakmu ajaken mudun, mlaku (turun nak, turun anak laki-laki, pelan-pelan, jalan aja, turun nak, ini pada ngumpul, sama bapakmu ajak turun, jalan)," ungkap sang ibu menyuruh anak dan suaminya untuk turun mengevakuasi diri.

Kakak dan ayahnya yang masih terjebak di lokasi erupsi Gunung Semeru terlihat kebingungan dalam video. Kakaknya yang dihubungi juga sempat terputus sambungan dan membuat Trio kembali panik.

Trio dan ibunya yang selamat berusaha memberikan arahan kepada kakak dan ayahnya untuk segera melakukan evakuasi diri.

"Ojo ngawa motor, rubuh kabeh wit-wite, nda iso mlaku, wis tinggalen kabeh motore, tinggalen kabeh, mlaku (jangan bawa motor, roboh semua pohon-pohonnya, tidak bisa untuk jalan, sudah tinggalkan semua motornya, tinggalkan semua, jalan)," tegas Trio memberikan arahan.

Rekaman layar tersebut sontak membuat warganet yang melihatnya turut haru dan prihatin. Banyak warganet yang berkomentar mengungkapkan turut merasakan apa yang dirasakan Trio saat harus berpisah dengan keluarganya.

"Aku pas ngrungokno suarane mak'e langsung atiku loro campur kuatir. "Muduno nak, muduno alon² le. bapakmu ajaken mudun mlaku". Gak kuat aku ngrungokno (dengerinnya)," tulis warganet dengan akun @firdhaayuni.

"Berulang kali ibunya bilang "bapakmu jak'en". Ya Allah semoga semua sehat selamat," tulis akun lainnya @malinda.

"Dari sini semua udah paham? Di saat posisi seperti ini semua harta yang kalian punya tidak lah berharga, harta paling berharga hanyalah keluarga," tulis akun @bupatijunior.

"Ya Allah aku sampai menangis melihat ini, turut prihatin, sabar ya saudara-saudara kami, semoga bisa cepat pulih keadaan, kalian sehat selalu, semangat," tulis warganet lain Jovitamikha_ turut haru, mendoakan dan memberi semangat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini