Warga Sekitar Gunung Semeru Diminta Waspada Potensi Hujan Lebat

Arif Budianto, Koran SI · Senin 06 Desember 2021 02:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 337 2512373 warga-sekitar-gunung-semeru-diminta-waspada-potensi-hujan-lebat-WNebOsXh5p.jpg Aliran larva dingin Gunung Semeru (Foto: istimewa)

BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan akan ada potensi hujan sedang hingga lebat di sekitar Gunung Semeru pada siang hingga malam hari. Masyarakat diminta waspada potensi banjir lava di lokasi tersebut.

"Cuaca di Gunung Semeru masih ada potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat pada siang hingga malam hari," jelas Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fahri Radjab, Minggu 5 Desember 2021.

Menurut dia, potensi hujan lebat di kawasan tersebut bisa terjadi tak hanya di sekitar lereng Gunung Semeru, tetapi juga di puncak gunung. Hujan tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan banjir lahar dari arah gunung.

"Ini perlu kewaspadaan kita, tak hanya masyarakat tetapi juga tim yang sedang melakukan evakuasi di lapangan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, petugas gabungan dari berbagai unsur seperti BPBD, TNI, Polri, dan tim SAR melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru, Minggu (5/12/2021). Evakuasi menyusul hujan dengan intensitas tinggi diprediksi bakal terjadi di kawasan tersebut yang dikhawatiran akan terjadinya banjir lahar.

Baca juga: BNPB Ingatkan Pengungsi Gunung Semeru Tetap Pakai Masker

Pantauan dari video di lapangan, para petugas melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru. Orang tua dan anak-anak tampak digotong menuju kendaraan milik warga dan petugas. Suara sirine kendaraan juga tampak terus berbunyi, mengiringi evakuasi warga.

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru, Gubernur Khofifah Sebut Early Warning System Sudah Jalan

Para petugas tampak dengan sigap mengevakuasi warga yang masih ada di dalam rumah. Sementara beberapa warga lainnya tampak mulai berlari dan turun menggunakan sepeda motor atau mobil.

"Lahar turun, kami di suruh mengevakuasi diri," kata salah seorang warga. Dia pun menyebut jika lahar mulai turun, sehingga warga diperintahkan agar segera meninggalkan rumah.

Baca juga: Monitor Erupsi Semeru, Wapres Telepon Risma hingga Khofifah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini