BMKG: Tak Terdeteksi Adanya Gangguan Abu Vulkanik ke Penerbangan

Erfan Maaruf, iNews · Senin 06 Desember 2021 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 337 2512360 bmkg-tak-terdeteksi-adanya-gangguan-abu-vulkanik-ke-penerbangan-SJEScrsUnL.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Badan Meteorologi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan sampai saat ini penerbangan pesawat masih normal dan tidak terganggu oleh abu vulkanik erupsi Gunung Semeru. Pihaknya akan terus memantau potensi sebaran abu vulkanik.

"Tidak terdeteksi adanya gangguan abu vulkanik ke penerbangan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat dihubungi MNC Portal Indonesia melalui pesan singkat, Minggu (5/12/2021).

Meski demikian, BMKG akan terus memantau pergerakan sebaran abu vulkanik melalui udara. Jika nantinya terdeteksi pihaknya akan memberikan informasi sedini mungkin karena dapat membahayakan penerbangan.

"Saat ini sedang dan terus kami monitor agar dapat diberikan peringatan dini bagi penerbangan," jelasnya.

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru, Gubernur Khofifah Sebut Early Warning System Sudah Jalan

Hal senada juga dikatakan Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Edison Kurniawan. Dia memastikan bahwa penerbangan hingga Minggu (5/12/2021) masih normal dan tidak terganggu abu vulkanik erupsi Gunung Semeru.

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru, Geologi ESDM: Waspadai Awan Panas Guguran

Hal itu merupakan hasil pengamatan di lapangan, termasuk dari data di Stasiun Meteorologi Banyuwangi. BMKG telah melakukan beberapa pengamatan terkait pengaruh abu vulkanik yang ada di beberapa bandara.

Salah satunya dilakukan melalui uji paper test yang dilaksanakan di masing-masing bandara atau Stasiun Meteorologi BMKG.

"Hasilnya terlihat bahwa hampir sebagian besar itu masih nihil sehingga tidak ada pengaruh yang signifikan dari abu vulkanik (terhadap penerbangan)," bebernya.

Baca juga: Monitor Erupsi Semeru, Wapres Telepon Risma hingga Khofifah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini