Share

Erupsi Gunung Semeru, Geologi ESDM: Waspadai Awan Panas Guguran

Erfan Maaruf, iNews · Minggu 05 Desember 2021 23:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 337 2512349 erupsi-gunung-semeru-geologi-esdm-waspadai-awan-panas-guguran-93Hvx4UfnA.jpg Erupsi Gunung Semeru (Foto: istimewa)

JAKARTA - Badan Geologi Kementerian ESDM mengimbau agar masyarakat termasuk TNI-Polri dan relawan untuk beraktivitas di luar radius rawan bencana erupsi Gunung Semeru. Sebab awan panas guguran sewaktu-waktu berpotensi dapat turun.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Eko Budi Lelono mengatakan, sampai saat ini tingkat aktivitas Gunung Semeru tetap di Level II (Waspada). Dia mengimbau agar masyarakat untuk tetap berhati-hati dan beraktivitas di luar radius rawan bencana, yakni 1 kilometer dari kawah/puncak Gunung Semeru.

“Diimbau kepada masyarakat untuk mematuhi rekomendasi dari Badan Geologi, tidak beraktivitas dalam radius 1 kilometer dari kawah/puncak Gunung Semeru dan jarak 5 km arah bukaan kawah di sektor selatan-tenggara," kata Eko dalam konferensi virtual, Minggu (5/12/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, sesuai ciri khasnya erupsi Gunung Semeru yakni mengeluarkan awan panas. Dia mewaspadai adanya guguran awan panas yang dihasilkan dari erupsi.

Sebab, sejak 24 jam terakhir setelah erupsi pada kemarin 4 Desember kemarin tercatat sebanyak tiga kali Semeru mengalami erupsi. Pertama erupsi terjadi pada pukul 00.30 WIB, kedua setelah shalat subuh itu awan panas guguran dan ketiga pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Monitor Erupsi Semeru, Wapres Telepon Risma hingga Khofifah

"Waspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru, terutama sepanjang aliran Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat,” jelas Eko.

Baca juga: Salah Satu Tertinggi di Dunia, 2 Jalur Ini Bisa Dilewati untuk Mencapai Puncak Mahameru

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini