Bakamla Evakuasi Longboat Mati Mesin di Perairan Tanjung Tamedan

Tim Okezone, Okezone · Minggu 05 Desember 2021 21:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 337 2512329 bakamla-evakuasi-longboat-mati-mesin-di-perairan-tanjung-tamedan-cdNY7IrUIA.jpg Bakamla evakuasi Longboat di Tanjung Tamedan (Foto: Humas Bakamla)

JAKARTA - Tim SAR Gabungan berhasil evakuasi sebuah Longboat yang mengalami mati mesin di perairan Tanjung Tamedan, Tual, Maluku, Minggu (5/12/21).

Longboat ditemukan Tim SAR Gabungan yang terdiri dari 2 personel SPKKL Tual dan 3 personel Pos SAR Tual setelah menyisir sekitar perairan Tanjung Tamedan berdasarkan laporan pihak keluarga.

Longboat ditemukan pada titik koordinat 5°30'2.988"S - 132°48'6.136"E pukul 02.00 WIT dengan kondisi kapal terombang-ambing dan mesin mati. Saat ditemukan dua korban diketahui sebagai bapak dan anak. Baharudin Ohoirenan dan putranya Jihan Ohoirenan dalam kondisi selamat.

Longboat bercirikan warna hijau putih dengan mesin katinting dilaporkan mengalami mati mesin oleh pihak keluarga setelah mendapat telepon dari salah satu korban. Berdasarkan, keterangan pihak keluarga, Sabtu 4 Desember 2021 pukul 05.00 WIT.

Baca juga: Kapal Terbakar di Bangka Barat, Tim SAR Berhasil Selamatkan 9 ABK

Kapal berencana menyeberang dari Dobo menuju Tual. Namun di sekitar perairan Tanjung Tamedan mengalami kerusakan mesin kapal.

Baca juga: Perahu Mati Mesin, 2 Nelayan Hilang

"Keluarga korban melaporkan kejadian tersebut kepada Pos SAR Tual pukul 00.28 WIB. Sinergitas yang sudah terjalin baik laporan tersebut kemudian diteruskan ke Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tual Bakamla RI," kata Kepala SPKKL Tual Letkol Bakamla Rizal Ufer dalam keterangannya.

Ia pun berkoordinasi dengan Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Arif Sumartono sebagai laporan dan meminta arahan dalam pelaksanakan pencarian korban.

Upaya pencarian menggunakan unsur Catamaran 5-07 dengan menyisir sekitar perairan Tanjung Tamedan dengan terus melaksanakan komunikasi kepada salah satu korban.

“Pukul 02.00 WIT Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil menemukan korban dalam kondisi selamat,” ujar Letkol Bakamla Rizal Ufer. Selanjutnya, kapal ditarik menuju daratan Kota Tual.

Baca juga: Bakamla Bangun Pangkalan Armada di Gorontalo Utara untuk Mengamankan Laut

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini