Share

Erupsi Gunung Semeru, Khofifah Kunjungi Kampung Renteng yang Tertimbun Awan Panas Guguran

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Minggu 05 Desember 2021 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 337 2512252 erupsi-gunung-semeru-khofifah-kunjungi-kampung-renteng-yang-tertimbun-awan-panas-guguran-PCGGvWm5AA.jpg Foto: Instagram/@khofifah.ip.

JAKARTA โ€“ Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi puluhan rumah yang tertimbun awan panas guguran letusan Gunung Semeru di Kampung Renteng, Desa Sumber Wulu, Kecamatan Candi Puro, Lumajang, Jawa Timur. Pengalamannya selama kunjungan ini dibagikan Khofifah melalui akun media sosial pribadinya.

โ€œIni suasana di Kampung Renteng, desa Sumber Wulu Kec. Candi Puro Lumajang. Ada 16 rumah tertimbun awan panas guguran (APG),โ€ tulis Khofifah di akun Instagram pribadinya @khofifah.ip, Minggu (5/12/2021).

BACA JUGA: Gunung Semeru Meletus, Presiden Jokowi: Perbaikan Infrastruktur Harus Diselesaikan dalam Waktu Singkat

Khofifah menjelaskan, early warning system berjalan dan jalur evakuasi. Namun, awan panas guguran datang sangat cepat dan evakuasi di waktu yang sama sangat padat.

BACA JUGA: PVMBG: Guguran Awan Panas di Gunung Semeru Masih Terjadi hingga Hari Ini

โ€œPada dasarnya early warning system berjalan dan jalur evakuasi. Tetapi APG sangat cepat, evakuasi saat yang sama sangat padat sehingga ada mobil yang tertimbun. Ada 16 rumah tertimbun saat ini ada satu warga yang sedang proses evakuasi,โ€ tambah dia.

Lebih lanjut, Khofifah memohon doa dan gotong royong dari semua pihak. Dia juga berharap, agar dampak dari musibah erupsi Gunung Semeru dapat tertangani dengan cepat.

โ€œMohon do'a dan gotong royong semuanya. Semoga kita bisa menangani dengan cepat,โ€ tandasnya.

Sebelumnya, erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, terjadi pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.00 WIB. Akibat peristiwa tersebut, berdasarkan data sementara, sebanyak 13 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini