PVMBG Klaim Sudah Peringatkan Warga Sehari Sebelumnya soal Potensi Letusan Semeru

Erfan Maaruf, iNews · Minggu 05 Desember 2021 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 337 2512211 pvmbg-klaim-sudah-peringatkan-warga-sehari-sebelumnya-soal-potensi-letusan-semeru-rLq2Nhua0F.jpg Gunung Semeru meletus (Foto: BNPB)

JAKARTA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengklaim telah mengeluarkan peringatan pada masyarakat adanya letusan Gunung Semeru. Bahkan setiap hari masyarakat diperingatkan untuk menjauhi sejumlah lokasi yang membahayakan.

PVMBG menyebut bahwa Gunung Semeru berada di level II (waspada) sejak Mei 2012. Hal itu karena hampir setiap hari terjadi letusan atau erupsi dengan jumlah rata-rata 25 kejadian.

Atas aktivitas Gunung Semeru itu lah petugas selalu memberikan info melalui whatsApp grup yang terdiri dari unsur masyarakat, pemerintah daerah, BPBD, relawan, dan instansi terkait lainnya. Imbauan bahkan dikeluarkan pada 1 Desember sebelum kejadian guguran lava.

"Pada 2 Desember, PGA Semeru sudah mengeluarkan peringatan agar masyarakat tidak beraktivitas di sekitar Besuk Kobokan, Besuk Kembar, Besuk Bang, dan Besuk sarat, untuk antisipasi kejadian guguran atau awan panas guguran," tulis akun Twitter resmi PVMBG dikutip MNC Portal, Minggu (5/12/2011).

Peringatan dini bahaya erupsi gunung api sudah bahkan bukan hanya di Semeru, namun juga di 69 gunung api aktif yan dipantau oleh PVMBG melalui pemasangan peralatan pemantauan, serta pengamatan visual selama 24 jam.

"Masyarakat bisa mengakses aktivitas gunung api terkini melalui MAGMA Indonesia," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini